HOME » BERITA » REM SUDAH BERDECIT, KETAHUI USIA IDEAL KAMPAS REM MOBIL

Rem Sudah Berdecit, Ketahui Usia Ideal Kampas Rem Mobil

Kamis, 11 April 2019 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Saga.co.uk)

OTOSIA.COM - Kampas rem yang sudah uzur alias harus diganti, biasanya mudah dideteksi. Jika mobil berdecit di bagian rem atau roda saat direm, itu jadi salah satu tandanya.

"Kalau gejala itu sering terjadi maka sudah tidak bisa didiamkan, karena akan berbahaya. Kinerja rem sudah pasti tidak akan maksimal lagi," ujar Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, yang dikutip dari laman Auto2000.

Sebagai komponen yang vital untuk mobil, maka jangan abaikan kondisi kampas rem mobil. Upayakan permukaan kampas rem tetap tebal.

Jika sudah tipis maka performa rem menjadi tidak maksimal. Selain tanda itu, kampas rem mobil juga punya usia pakai.

Pemilik mobil perlu tahu hal ini, untuk patokan kapan harus mengganti komponen tersebut. Jadi tak perlu menunggu kampas rem mengeluarkan bunyi terlebih dahulu.

"Usia kampas rem tergantung dari pemakaian mobilnya sendiri, jika sering digunakan otomatis akanlebih cepat habis permukaan kampas remnya," tambah Sapta.

Sapta melanjutkan, sementara usia ideal kampas rem mobil sendiri sekitar 30.000 sampai 40.000 kilometer. Jika sudah mencapai jarak tempuh tersebut, maka kampas rem harus sudah diganti demi mengoptimalkan kinerja pengereman pada mobil tersebut.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR