HOME » BERITA » RENCANA KARANTINA WILAYAH JAKARTA, KENDARAAN INI MASIH BOLEH LEWAT

Rencana Karantina Wilayah Jakarta, Kendaraan Ini Masih Boleh Lewat

Pemprov Jakarta berencana akan menerapkan karantina wilayah untuk mengatasi pandemi virus Corona COVID-19. Meski jalanan nantinya akan ditutup, tapi beberapa kendaraan tertentu masih diperbolehkan melintas.

Senin, 30 Maret 2020 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Rencana Karantina Wilayah Jakarta, Kendaraan Ini Masih Boleh Lewat
Lalu lintas DKI Jakarta (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Jumlah orang yang terverifikasi positif virus Corona COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Hingga Senin (30/3/2020) jumlah positif virus Corona COVID-19 mencapai 1.414 orang, dengan Jakarta menjadi wilayah terbanyak pasien virus Corona COVID-19.

Terkait hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan kajian terjait rencana karantina wilayah di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan disebut telah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo untuk melakukan karantina wilayah.

Hal itu dibenarkan oleh Menko Polhukam, Mahfud Md. Dia menyebut surat tersebut bernomor 143 yang tertanggal Sabtu, 28 Maret 2020 dan diterima pada Minggu (29/3/2002) sore.

"Isinya minta pertimbangan pemberlakukan karantina wilayah. Itu saja dulu," ungkap mahfud saat dikonfirmasi, Senin (30/3/2002) disitat dari Merdeka.com.

1 dari 4 Halaman

Sementara itu, ada beberapa opsi untuk melakukan karantina wilayah tersbut yang dibahas dalam rapat terbatas (ratas) bersama pemerintah pusat, pada Senin (30/3/2020).

"Jadi berbagai opsi itu misalnya yang dilarang angkutan umum, pribadi, tidak termasuk angkutan barang. Itu opsinya bagaimana distribusi logistik dan opsi-opsi itu kita lakukan," jelas Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (30/3/2020).

Lebih lanjut, Syafrin menyebut jika karantina wilayah berjalan, transportasi publik masih tetap akan beroperasi seperi biasanya. Hanya saja ada larangan memasuki wilayah Jakarta dan sebaliknya.

"Namanya karantina wilayah itu kan orang di Jakarta enggak boleh keluar dan dari luar enggak boleh masuk ke Jakarta," tambahnya.

2 dari 4 Halaman

Opsi lain terkait karantina wilayah ini yakni pertimbangan tentang penerapan hingga ke kota-kota penyangga Jakarta.

"Ada interland jakarta yang menajdi satu kesatuan wilayah namanya Jabodetabek. Sehingga perlu dipertimbangkan karantina wialyah apakah dalam Jakarta atau termasuk interlandnya," lanjutnya.

3 dari 4 Halaman

Tak Boleh Ganggu Truk Sembako

(Liputan6.com)

Jika karantina wilayah ini diterapkan dan ada pembatasan arus lalu lintas dari dan ke Jakarta, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menegaskan bahwa kendaraan logistik dan sembako tidak boleh terganggu.

"Kalau nantipun mau diberlakukan, sesuai dengan arahan Pak menko Maritim, tidak boleh terganggu itu angkutan logistik barang, yang lainny apetugas-petugas itu, yang lainnya nunggu instruksi dari Pak Menko Maritim nanti," papar Budi.

4 dari 4 Halaman

Sebaga informasi, penerapan upaya karantina wilayah ini tidak sama dengan lockdown. Seperti pernah ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) mahfud MD.

Dia menegaskan, pemerintah tidak akan memberlakukan lockdown untuk mengatasi pandemi virus corona COVID-19. Melainkan akan memberlakukan karantina wilayah, yang mana prosedurnya bakal tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP).

"Tidak akan lakukan lockdown, tetapi karantina wilayah. Orang sering menyamakan karantina wilayah dan lockdown padahal keduanya berbeda," jelas Mahfud, di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Lanjutnya, karantina wilayah ini merupakan istila resmi dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2008 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

BERI KOMENTAR