HOME » BERITA » RESMI, BIAYA ADMIN STNK DIHAPUS

Resmi, Biaya Admin STNK Dihapus

Mulai Rabu (14/3/2018) biaya admin Surat Tanda Nomor Kendaraa (STNK) resmi dihapus. Kebijakan ini muncul sebagai tindak lanjut keputusan Mahkamah Agung (MA) atas gugatan Moh. Noval Ibrohim Salim.

Kamis, 15 Maret 2018 16:10 Editor : Dini Arining Tyas
STNK by Dini Arining Tyas

OTOSIA.COM - Mulai Rabu (14/3/2018) biaya admin Surat Tanda Nomor Kendaraa (STNK) resmi dihapus. Kebijakan ini muncul sebagai tindak lanjut keputusan Mahkamah Agung (MA) atas gugatan Moh. Noval Ibrohim Salim.

"Iya mulai hari ini sudah tidak ada biaya pengesahan STNK," jelas Kompol Bayu Pratama Gubunagi, kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, kepada Liputan6.com.

Keputusan ini tertuang dalam putusan MA Nomor 12P/HUM/2017, yang mengatur Lampiran Nomor E angka 1 dan 2 Peraturan pemerintah (PP) noor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Keputusan ini juga seudah berlaku untuk seluruh Indonesia. jadi, saat perpanjang STNK sudah tidak ada biaya pengesahan STNK," lanjut Bayu.

Sebelumnya, biaya admin pengesahan STNK tahunan sebesar Rp 25.000 untuk motor dan Rp 50 ribu untuk mobil. Sedangkan proses ganti STNK lima tahun tak dikenakan biaya pengesahan. Sementara biaya STNK baru sebsar Rp 100.000 untuk roda dua dan Rp 200.000 untuk roda empat.

Menurutnya, PNBP dari biaya admin ini besar untuk negara, yakni 90 persen. Kegunaannya pun dikembalikan lagi untuk pelayanan publik. Namun ia memastikan kebijakan ini tidak akan berpengaruh terhadap pelayanan.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR