HOME » BERITA » SUBARU BALIK KUCING KE INDONESIA, KUATKAH BERSAING DENGAN BRAND LAIN?

Subaru Balik Kucing ke Indonesia, Kuatkah Bersaing dengan Brand Lain?

Subaru kembali beroperasi di Indonesia. Apa saja disiapkan untuk terus berjualan di tanah air?

Kamis, 19 Mei 2022 18:30 Editor : Arendra Pranayaditya
Subaru Balik Kucing ke Indonesia, Kuatkah Bersaing dengan Brand Lain?
Peluncuran Subaru Forester (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - Subaru resmi kembali beroperasi dan berjualan mobil di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui peluncuran dua model Subaru Forester dan diler resmi 3S yang berlokasi di Alam Sutera, Plaza Subaru, Banten.

Merek ini hengkang cukup lama di Indonesia, lantaran Subaru sempat terjerat kasus impor mobil menjelang akhir tahun 2013 silam. Untuk itu Plaza Subaru, sebagai Agen Pemegang Merek terbaru, berkomitmen untuk membenarkan sekaligus mengikuti peraturan dari pemerintah.

"Ini merupakan suatu bentuk atau suatu kegiatan nyata atau komitmen nyata kami bahwa kami ini ingin memperbaiki kesalahan APM sebelumnya di masa lalu. Kami ingin sejalan dengan peraturan pemerintah Indonesia," papar Arie Christopher, Chief Operating Officer (COO) PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia).

1 dari 3 Halaman

Diler 3S pertama

Salah satu upaya yang telah direalisasikan adalah peresmian dan pembukaan diler 3S Plaza Subaru. Hal ini diawali dengan membuka service center untuk menarik kembali para konsumen Subaru di Indonesia, sekaligus mempelajari pasar.

"Tahun 2021, kami memulai untuk membuka service center kami dahulu untuk mencoba meng-grab kembali existing Subaru owners, sambil kita mengenal pasar lebih dekat dan jauh," ungkap Arie di pembukaan acara peluncuran Subaru Forester, Rabu (18/5/2022).

2 dari 3 Halaman

Sementara diler resmi 3S Subaru kini beroperasi secara penuh, mulai dari kegiatan servis, penjualan dan suku cadang. "Hari ini kami menandakan dengan dimulainya Subaru Indonesia dan Plaza Subaru beroperasi secara penuh (dari) sales, service dan spare part," tambahnya.

Tidak hanya itu, Subaru juga berencana untuk berekspansi keluar. Pasalnya, dalam lima tahun kedepan, merek asal Jepang ini ditargetkan untuk membuka sekitar 10 cabang di dalam mau pun luar kota Jakarta.

"Kita dalam lima tahun kedepan kita target (untuk) membuka 10 network kita di seluruh Indonesia, baik itu yang ada di Jakarta atau yang ada di luar Jakarta,? ucap Arie.

3 dari 3 Halaman

Subaru Indonesia juga menjelaskan bahwa kedepan, model-model lainnya juga akan diperkenalkan di Indonesia. Namun untuk saat ini hanya Subaru Forester terbaru yang dijual secara resmi, lantaran mobil ini secara global mencatat angka penjualan yang tinggi.

?Subaru Forester adalah kunci dari strategi global yang paling laku. Jadi model best selling-nya Subaru adalah Forester," ujar Ismail Ashlan, Marketing Communication Manager, Subaru Indonesia, di kesempatan yang sama.

BERI KOMENTAR