HOME » BERITA » RESMI DIBUKA, GIIAS SURABAYA DIIKUTI 30 EXHIBITOR

Resmi Dibuka, GIIAS Surabaya Diikuti 30 Exhibitor

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, GIIAS 2019 justru dimulai dari Kota Surabaya, bukan Jakarta. GIIAS Surabaya 2019 diikuti oleh 30 exhibitor.

Kamis, 28 Maret 2019 19:00 Editor : Dini Arining Tyas
GIIAS Surabaya 2019 (Istimewa)

OTOSIA.COM - Surabaya menjadi kota pembuka pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. GIIAS Surabaya resmi dibuka Jumat, 29 Maret dan berakhir 7 April 2019 di Grand City Convex Surabaya.

"Kami ingin penyelenggaraan GIIAS di Surabaya menjadi salah satu elemen penting pendorong pertumbuhan industri otomotif, di Jawa Timur," tutur Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

Mengenai alasan Surabaya mendahului GIIAS BSD City, Yohanes Nangoi menyebut ada beberapa alasan. Di antaranya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, geliat otomotif di kota Pahlawan ini mirip dengan Ibukota.

"Sebagai kota terbesar kedua, Surabaya memiliki potensi besar untuk memperkenalkan model dan teknologi baru dari kendaraan terkini, sejalan dengan tema sentral GIIAS 2019," jelasnya.

Menurut Yohannes, Jawa Timur memiliki sejarah yang baik dalam penjualan kendaraan bermotor terutama mobil penumpang dan komersial. "Melalui GIIAS Surabaya kami ingin mengajak masyarakat Jawa Timur untuk bisa menikmati perkembangan kendaraan motor terkini," imbuh Yohannes.

Alasan lain, Jawa Timur dengan berpusat di kota Surabaya, merupakan daerah terbesar ketiga dalam penjualan otomotif di Indonesia setelah Jawa Barat dan DKI Jakarta. Secara komposisi, Surabaya berkontribusi sekitar 13,2 persen dari volume penjualan otomotif nasional.

"Kalau kami lihat delapan tahun lalu, konsentrasi penjualan otomotif itu 82 persen berada di pulau Jawa, dan 18 persen di luar pulau Jawa. Namun di 2018, terjadi pergeseran, penjualan di pulau Jawa sekitar 60 persen, sisanya 40 persen di luar pulau Jawa. Jadi ini menunjukan bahwa industri otomotif sudah mulai bergerak di seluruh Indonesia," paparnya

Pameran dengan luas 9.000 meter persegi ini akan diikuti lebih dari 30 exhibitors, dari passenger car, commercial vehicle, dan supporting industries

GIIAS Surabaya 2019 akan menghadirkan 12 merek passenger car seperti Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling, serta 3 merek commercial car yakni DFSK, Fuso dan Isuzu.

Selain itu 4 merek sepeda motor ambil bagian, yakni Honda, Suzuki, Yamaha, Viar, ditambah beberapa merek dari industri pendukung.

Berbagai penawaran dan promo telah dipersiapkan panitia bagi pengunjung. Untuk pengunjung Wanita, GIIAS Surabaya 2019 memberikan penawaran spesial yaitu Ladies Day Out, gratis masuk hari Rabu 3 April 2019 dari pukul 10.00 €" 16.00 WIB.

Sementara untuk seluruh pengunjung, ada promo pemberian voucher BBM gratis dimana pengujung berkesempatan mendapatkan voucher BBM senilai Rp 25.000 setiap pembelian tiket masuk pada weekdays.

Khusus weekends dan hari libur nasional pengunjung berkesempatan mendapatkan voucher BBM senilai hingga Rp100.000 dengan menunjukkan tiket masuk pameran, dan surat pemesanan kendaraan (SPK).

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR