HOME » BERITA » RESTORASI LAND ROVER DEFENDER 90, BANGKITKAN KENANGAN LAMA

Restorasi Land Rover Defender 90, Bangkitkan Kenangan Lama

Selasa, 12 September 2017 22:40

Restorasi Land Rover Defender 90, Bangkitkan Kenangan Lama
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Ingin mengembalikan kenangan lama menjadi alasan Bayu Avrianto Raksakadarma membangkitkan kembali Land Rover Defender 300tdi tahun 1997. Mobil yang dikenal juga sebagai Land Rover Defender 90 direstorasi dan sedikit diberikan sentuhan modern.

Pria yang berdomisili di Sragen ini pun mempercayakan pengerjaan pada bengkel modifikasi asal Bandung, H2O Bodyworks. Di mana proses transformasi yang dilakukan terbilang cukup sulit dan kompleks.

H2O Bodyworks memulai proses restorasi dengan membuat atap atau hardtop. Baru memulai saja, berbagai kesulitan sudah dihadapi. Pasalnya dalam membuat hardtop, diperlukan tak hanya kerapian, namun juga ketilitian untuk mencapai presisi maksimum.

"Atap kami ganti dengan hardtop galvanis. Awalnya atapnya bukan seperti ini. Ini bagian yang paling sulit karena harus presisi dan rapi," ucap Yosef Bee dari H2O Bodyworks.

Usai menggarap atap, perhatian beralih ke mesin dan kaki-kaki. H2O Bodyworks menemukan berbagai komponen yang dianggap sudah tak dapat bekerja dengan baik. Hal tersebut bukanlah perkara mudah, pasalnya H2O Bodyworks turut menyematkan perangkat pendingin kabin. Sebagai military series, mobil ini tidak diproduksi menggunakan pendingin kabin. H2O Bodyworks pun harus membangunnya dari nol.

Kemudian proses dilanjutkan ke sektor eksterior lainnya. Di mana H2O Bodyworks membuat kustom kit bodi khusus yang terinspirasi rumah modifikasi asal Inggris, Khan. Lantaran mobil ini ditujukan untuk penggunaan sehari-hari, Yosef mengaku tak terlalu banyak mengotak-atik atau memberikan sentuhan yang menghalangi pergerakan.

Berlanjut ke sektor interior, H2O Bodyworks memberikan wsrna berbeda. Di mana kesan racing dengan adanya jok semi bucket terppasang di kedua sisi bagian depan. Sedangkan di belakang, kursi yang awalnya terposisikan berhadapan layaknya angkutan perang, diubah menjadi lebih perkotaan dengan menghadap ke depan.

"Proses pengerjaannya sekitar 7 bulan sampai finishing pengecatan. Secara keseluruhan komponenya yang digunakan merupakan kostum sendiri," jelas Yosef.

Spesifikasi
Eksterior :
- Custom front grille
- Custom headlamp cover
- Custom engine guard
- Custom side footstep
- Custom widebody/over fender
- Custom hardtop
- Custom glass window
- Custom rear door
- Projector headlights
- LED bulbs
- Custom wheels carrier
- Custom color Dark Titanium matte

Interior :
- Custom front racing sheat
- Custom rear sheat
- Custom puma dashboard
- Custom doortrim
- Custom headliner/plafon
- Custom console box
- Sparco shift knob
- Sparco transfer case knob
- Sport pedal set
- Custom interior trim panel
- Custom interior lighting

Audio :
- Pioneer avh1750dvd HU
- Venom speaker split
- Venom 4ch power amp
- Venom 10" portable subwoofer
- 7" roof tv

Mesin dan kaki-kaki :
- 18" Land Rover sport rims pcd 5 x 165
- Land Rover sport lugnut
- Toyo Open Country M/T tyres
- Overhoul / restored
- Borla centre exhaust dan Ord muffler

(kpl/fid/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-10-10
detail

BERITA POPULER