HOME » BERITA » RESTORASI MOBIL KLASIK KELUARAN 1973, PEMILIKNYA TAK KELUARKAN BIAYA

Restorasi Mobil Klasik Keluaran 1973, Pemiliknya Tak Keluarkan Biaya

Seorang pemilik mobil klasik lansiran tahun 1973 ini tak mengeluarkan biaya sama sekali untuk merestorasi kendaraan kesayangannya itu.

Jum'at, 01 Februari 2019 20:45 Editor : Cornelius Candra
Restorasi Jaguar E-Type 3 Series 1973 (News Press)

OTOSIA.COM - Biasanya para pecinta mobil klasik tidak akan tanggung-tanggung ketika melakukan restorasi mobil klasik kesayangannya. Hal itu pula yang dilakukan oleh seorang pecinta mobil klasik pada Jaguar E-Type 3 series 2+2 kelahiran tahun 1973 ini.

E-Type ini telah mengalami perombakan total mulai dari eksterior, interior hingga ruang mesin. Dalam proses restorasi, sang owner tetap ingin mempertahankan sisi klasik dari mobil tersebut.

Eksterior mobil ini juga telah diperbaiki pada bagian panel bodi. Selain itu, kap mesin aslinya pun telah diganti dengan bahan alumunium yang bertujuan untuk mengurangi bobot mobil ini.

Bodi tersebut kemudian dilabur warna Opalescent Gunmetal yang membuatnya menjadi lebih menarik. Untuk melengkapi keindahan eksteriornya, E-Type ini dibekali pelek Turino berukuran 16-inci.

Pemilihan pelek tersebut tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesan klasiknya, tapi juga agar dapat menggunakan ban modern yang bertujuan meningkatkan traksi.

Beranjak ke bagian interior, kabin E-Type ini telah dilapisi ulang dengan kulit berwarna Oxblood Red. Untuk melengkapinya, terpasang setir kayu berdiameter 15-inci dan sabuk pengaman bergaya klasik.

Beberapa fitur modern pun disematkan pada mobil klasik ini, seperti lampu LED yang bertujuan meningkatkan visibilitas di malam hari, serta sistem audio asli yang kini memiliki fitur internal baru berupa Bluetooth.

Seolah tidak mau kalah dengan bagian lain, ruang mesin juga tak luput dari ubahan. Mesin aslinya yang berkonfigurasi V12 telah disetel ulang. Alhasil, tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar dan disokong sistem pengabutan injeksi.

Untuk sistem pendinginan pun telah mengalami peningkatan dan throttle bodi dibuat menjadi lebih besar. Tujuannya ialah menyempurnakan aliran udara ke dalam ruang bakar.

Sistem pembuangan pun tak luput dari perombakan. Kini mobil ini menggunakan bahak knalpot dari stainless steel terbaru yang dapat menghasilkan suara merdu.

Mesin tersebut selanjutnya dikawinkan dengan sistem tranmisi 5 percepatan yang membuatnya semakin nikmat dikendarai.

Jika Otolovers berpikir biaya yang dihabiskan cukup tinggi, nyatanya proyek restorasi mobil ini sama sekali tidak mengeluarkan biaya alias gratis.

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR