HOME » BERITA » REVIEW: GEBER SANG LEGENDA, VESPA GTV SEI GIORNI II EDITION

Review: Geber Sang Legenda, Vespa GTV Sei Giorni II Edition

Bagaimana rasanya mengendarai skuter legendaris Vespa GTV Sei Giorni II Edition?

Jum'at, 20 November 2020 07:45 Editor : Cornelius Candra
Review: Geber Sang Legenda, Vespa GTV Sei Giorni II Edition
Vespa GTV Sei Giorni II Edition (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu, PT Piaggio Indonesia merilis Vespa GTV Sei Giorni II Edition. Ini adalah skuter spesial keempat yang dirilis untuk pasar otomotif Tanah Air sepanjang 2020.

Vespa GTV Sei Giorni II Edition dihadirkan untuk mengenang Vespa balap yang pernah turun di ajang balap off-road dan paling bergengsi pada masanya, Sei Giorni Internazionale, yang diadakan di Varese, Italia, tahun 1951 silam.

1 dari 4 Halaman

Setidaknya, ada 10 Vespa diciptakan khusus untuk tim Piaggio Squadra Corse dalam partisipasinya di kompetisi tersebut. Selama 6 hari, kesepuluh skuter ini bersaing dengan motor off-road murni. Hasilnya, tidak kurang dari 9 medali emas individu dapat diraih.

Rabu kemarin (18/11), kami pun berkesempatan menjajal skuter legendaris ini berkeliling Jakarta. Benar saja, Vespa GTV Sei Giorni II Edition terasa sangat klasik dan sporty, baik dari desain maupun performa.

2 dari 4 Halaman

Aura lawas sukses dimunculkan speedometer berbentuk bulat dan masih analog. Tapi, di bawahnya ada layar digital kecil. Selain itu, terpasang setang naked, jok single-seater, dan suspensi berwarna merah yang terasa sporty.

Desain ikonik pada Vespa GTV Sei Giorni II Edition ini adalah lampu utama yang menyatu dengan spakbor depan. Hadir pula angka 6 di body depan dan samping yang mewakili kata Sei Giorni atau 6 hari, lama balapan off-road itu digelar.

3 dari 4 Halaman

Mengenai performa, Vespa GTV Sei Giorni II Edition menggunakan mesin yang sama dengan Vespa GTS300 SuperTech. Skutik legendaris ini mengusung jantung pacu HPE (High Performance Engine) berkonfigurasi 1-silinder 300 cc 4 katup, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 23,8 hp dengan torsi maksimum 26 Nm.

Jelas, mesin HPE memberikan performa yang memuaskan. Akselerasinya terasa mantap dan responsif, bahkan sejak putaran bawah. Untuk mengimbangi dapur pacu ini, Vespa GTV Sei Giorni II Edition juga dibekali dengan ASR (Anti Slip Regulation) dan rem cakram ABS di masing-masing rodanya.

4 dari 4 Halaman

Sayangnya, suspensi Vespa GTS300 Supertech cenderung keras, seperti model lainnya. Masih terasa getaran dan hentakan ketika melibas jalanan yang tak terlalu rata. Namun, hal ini membuat pengendara merasa lebih menyatu dengan motor dan jalan.

Jadi, bisa dibilang Vespa GTV Sei Giorni II Edition tak hanya memiliki nilai sejarah, tapi juga mampu memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Dengan harga Rp155 juta (OTR Jakarta), Otolovers, terlebih para pecinta Vespa, wajib mempertimbangkan skuter ini.

BERI KOMENTAR