HOME » BERITA » REVIEW: HONDA CBR250RR SP QUICKSHIFTER, AKSELERASI MAKIN MANTAP

Review: Honda CBR250RR SP Quickshifter, Akselerasi Makin Mantap

Hadirnya 2 fitur baru dan mesin yang disempurnakan memberi dampak yang besar pada Honda CBR250RR.

Rabu, 19 Agustus 2020 19:45 Editor : Cornelius Candra
Review: Honda CBR250RR SP Quickshifter, Akselerasi Makin Mantap
Honda CBR250RR SP (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Belum lama ini PT Astra Honda Motor (AHM) merilis penyegaran dari salah satu line-up sportbike mereka, Honda CBR250RR. Motor sport full-fairing 250 cc itu dilengkapi dengan fitur baru, yakni Quickshifter serta Assist & Slipper Clutch.

Selain itu, PT AHM juga menyempurnakan mesin Honda CBR250RR SP sehingga performanya meningkat. Thomas Wijaya, Marketing Director PT AHM, menyebut bahwa pihaknya melakukan ubahan di segi elektronik dan mesinnya.

1 dari 4 Halaman

"Ada perubahan di elektronik, ECU-nya, serta mesinnya juga kita sempurnakan. Hasilnya, tenaga Honda CBR250RR meningkat menjadi 41 ps," terang Thomas usai sesi test-ride Honda CBR250RR SP di Astra Honda Safety Riding & Traning Center (AHSRTC), Cikarang, Jawa Barat.

Redaksi Otosia pun sempat merasakan performa dari Honda CBR250RR SP. Hadirnya quickshifter membuat akselerasi menjadi semakin cepat, lantaran tidak perlu lagi menekan tuas kopling. Fitur ini berfungsi ketika putaran mesin berada di atas 1.500 rpm.

2 dari 4 Halaman

Ketika upshift menggunakan quickshifter, memang terasa sedikit hentakan. Tapi, akselerasinya menjadi lebih responsif. Namun, saat downshift, tak ada perasaan tertahan dan lebih halus, lantaran hadirnya fitur Assist & Slipper Clutch. Ketika perlamabatan pun ban belakang lebih mudah dikendalikan.

Peningkatan performa ternyata bukan bahasa marketing belaka. Di lintasan lurus, redaksi Otosia berhasil mencapai kecepatan 170 km/jam hanya dengan gear 5. Sayangnya, saat akan melakukan upshift, trek sudah hampir di ujung.

3 dari 4 Halaman

Secara keseluruhan, hadirnya quickshifter, Assist & Slipper Clutch, serta mesin baru, mampu membuat Honda CBR250RR makin bertenaga dan menyenangkan untuk dikendarai, terlebih ketika diajak turun ke sirkuit. Mengenai pengendalian, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan model yang telah dirilis sebelumnya.

Pasalnya, secara dimensi, tak ada perbedaan sama sekali. Memang, hadirnya 2 fitur baru menambah bobot Honda CBR250RR. Meski demikian, selisihnya tidak terlalu signifikan, atau pun sampai mengubah pengendaliannya. Posisi duduk juga masih sama dengan model sebelumnya.

4 dari 4 Halaman

Di atas kertas, Honda CBR250RR SP mendapat asupan tenaga sebesar 41 ps dan torsi 25 Nm. Performa tersebut didapat dari mesin 2-silinder inline dengan kapasitas 249,7 cc DOHC berpendingin cairan.

Saat ini, harga Honda CBR250RR SP QuickShifter mencapai Rp76,7 juta untuk pilihan warna Bravery Red Black, sedangkan Honda Racing Red dibanderol Rp77,3 juta. Yang paling mahal, ialah Honda CBR250RR Livery Garuda X Samurai yang dilabeli Rp77,7 juta (OTR Jakarta).

BERI KOMENTAR