HOME » BERITA » REVIEW: JAJAL LANGSUNG KECANGGIHAN DAN PERFORMA YAMAHA AEROX TERBARU

Review: Jajal Langsung Kecanggihan dan Performa Yamaha Aerox Terbaru

Ada beberapa pengalaman berkendara dari Yamaha Aerox terbaru yang tak ada di versi lamanya.

Selasa, 10 November 2020 21:45 Editor : Cornelius Candra
Review: Jajal Langsung Kecanggihan dan Performa Yamaha Aerox Terbaru
All-new Yamaha Aerox 155 Connected

OTOSIA.COM - Senin pekan lalu (4/11), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah resmi merilis generasi terbaru dari Yamaha Aerox. Jelas ada perubahan secara fisik yang semakin sporty, serta tersemat fitur Yamaha Connect (Y-Connect) yang membuatnya lebih canggih.

Siang tadi (10/11), redaksi Otosia berkesempatan menjajal langsung performa serta kecanggihan dari Yamaha Aerox terbaru. Kami menggeber skutik bergaya sporty tersebut dari Jakarta Pusat menuju Sentul Karting, Bogor.

1 dari 4 Halaman

Sepanjang rute Jakarta - Bogor, kami ditantang untuk berkendara irit. Kondisi jalanan seperti pada umumnya, didominasi kemacetan. Melalui aplikasi Y-Connect dan informasi pada instrumen panelnya, Yamaha Aerox berhasil mencatatkan efisiensi bahan bakar hingga 48,8 km/liter.

Setibanya di Sentul Karting, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mempersilakan kami untuk menggeber Yamaha Aerox habis-habisan di sirkuit. Pengalaman berkendaranya sebenarnya mirip dengan model lama. Pasalnya, mereka tak mengubah sektor kaki-kaki dan ergonomi pengemudinya.

2 dari 4 Halaman

Posisi badan cenderung membungkuk dan terasa sporty. Pengendaliannya juga mudah lantaran Yamaha Aerox memiliki power-to-weight ratio terbaik di kelasnya. Sistem pengereman pun tidak mendapat pembaharuan sehingga rasanya masih mirip seperti generasi pertama.

Tapi, pengalaman paling berbeda justru ada di instrumen panelnya. Speedometer baru Yamaha Aerox ini memberikan rasa yang lebih sporty berkat terdapat 2 tachometer, masing-masing di sisi kanan dan kiri. Adanya indikator "App" juga menandakan bahwa motor tersebut terhubung ke smartphone pengendaranya.

3 dari 4 Halaman

Mengenai performa, memang ada sedikit perubahan. Berkat power-to-weight ratio yang baik, Yamaha Aerox mampu berakselerasi dengan instan, terlebih ketika harus melibas kemacetan atau pun keluar dari tikungan dengan cepat. Saat menikung dengan kecepatan tinggi, suspensinya pun mampu memberi pengendalian yang stabil.

Secara angka, mesin 1-silinder 155 cc Yamaha Aerox mampu menyemburkan tenaga sebesar 15 hp dan torsi 13,9 Nm. Performanya memang terasa lebih mantap dibanding generasi lama, terlebih ketika dapur pacu berputar di atas 6.000 rpm, sehingga mengaktifkan fitur VVA (Variable Valve Actuation).

4 dari 4 Halaman

Soal desain, kami serahkan kembali ke selera Otolovers. Tapi, secara garis besar, Yamaha Aerox menawarkan tampilan yang sporty. Lihat saja lampu depan, leg-shield, bodi samping, dan taillight pada skuter ini dibuat meruncing.

Jadi, bisa dibilang Yamaha Aerox baru berhasil mencapai misinya. Tampilan sporty dapat memuaskan mereka yang ingin memiliki motor yang sporty, tapi tetap menginginkan kepraktisan serta kehematan bahan bakar dari sebuah skuter matik.

BERI KOMENTAR