HOME » BERITA » REVIEW: SKUTER RODA 3 PIAGGIO MP3 500 HPE, NYAMAN DAN AMAN

Review: Skuter Roda 3 Piaggio MP3 500 HPE, Nyaman dan Aman

Skuter roda 3 Piaggio MP3 menawarkan keamanan dan kenyamanan yang mumpuni.

Senin, 23 November 2020 07:15 Editor : Cornelius Candra
Review: Skuter Roda 3 Piaggio MP3 500 HPE, Nyaman dan Aman
Skuter roda 3 Piaggio MP3 (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - PT Piaggio Indonesia saat ini tak hanya berfokus pada Vespa, tapi juga Piaggio. Setelah merilis Piaggio Medley S, mereka pun menghadirkan generasi terbaru dari skuter roda 3 andalannya, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance.

Model ini merupakan varian tertinggi dari Piaggio MP3. Karena itu, terpasang fitur reverse-gear atau gigi mundur. Tentu hadirnya teknologi tersebut memudahkan pengendara Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance ketika harus parkir di lokasi yang cukup sempit.

1 dari 4 Halaman

Selain itu, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance juga dibekali dengan mesin baru berteknologi HPE (High Performance Engine). Dengan konfigurasi 1-silinder 493 cc, skutik asal Italia ini mendapat asupan tenaga sebesar 44,2 hp dengan torsi 47,5 Nm.

Mesin baru ini bukanlah bahasa marketing belaka. Ketika redaksi Otosia menjajal Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance, terasa akselerasinya lebih responsif dibanding generasi sebelumnya. Performa yang naik 14% tersebut diredam oleh hadirnya ASR (Anti-Slip Regulation) atau lebih akrab disebut traction control.

2 dari 4 Halaman

Akselerasi responsif ini juga turut disumbangkan oleh hadirnya teknologi throttle-by-wire. Berkat fitur tersebut, pasokan bensin ke ruang bakar menjadi lebih efisien, serta hadir juga 2 mode berkendara, yakni ECO dan STD (Standard).

Performanya memang cukup memuaskan untuk sebuah skutik gambot 500 cc. Hanya saja, ketika redaksi Otosia menjajal Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance, terasa ada getaran ketika motor berakselerasi secara perlahan. Pihak PT Piaggio Indonesia menyebut bahwa hal ini bisa hilang setelah mendapat perawatan berkala.

3 dari 4 Halaman

Yang menarik lagi, 2 roda yang hadir di bagian depan tidak terlalu memberikan perbedaan yang signifikan. Rasa berkendara Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance ini terasa sama seperti motor pada umumnya, sehingga pengemudinya bisa cepat beradaptasi.

Sayangnya, tak banyak ubahan yang dilakukan, sebatas pemasangan LED DRL di depan, Lampu utamanya masih menggunakan bohlam konvensional sehingga kurang terasa modern. Ketinggian windshield besar di depan memang bisa disesuaikan, tapi secara manual.

4 dari 4 Halaman

Dengan jok yang lebar dan besar, memang agak sulit bagi orang dengan postur tubuh di bawah 175 cm untuk menjejakkan kaki dengan sempurnya ke tanah. Tapi, bagku ini terasa nyaman, terlebih ketika diajak menempuh jarak jauh.

Jadi, bisa dibilang Piaggio MP3 500 HPE adalah pilihan tepat bagi Otolovers yang menginginkan skutik aman, nyaman, dan anti-mainstream. Saat ini, motor asal Italia tersebut hanya tersedia dalam 1 warna, yakni Oro Opaco, dan ditawarkan dengan harga Rp360 juta (OTR Jakarta).

BERI KOMENTAR