HOME » BERITA » RIDING POSTURE YANG SALAH TIMBULKAN RISIKO KECELAKAAN

Riding Posture yang Salah Timbulkan Risiko Kecelakaan

Postur berkendara juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan kenyamanan pengendara. Postur berkendara yang salah bisa menimbulkan risiko kecelakaan yang lebih besar.

Rabu, 09 Mei 2018 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Astra Honda

OTOSIA.COM - Postur berkendara menjadi hal yang perlu diperhatikan saat berkendara motor. Hal ini berkaitan dengan segala aktivitas berkendara, seperti pengereman, manuver, atau berbelok.

Postur berkendara juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan kenyamanan pengendara. Postur berkendara yang salah bisa menimbulkan risiko kecelakaan yang lebih besar.

Menurut Instruktur Safety Riding PT Capella Dinamik Nusantara Main Dealer Honda Aceh, Andi Suhendar, ada 7 riding posture yang harus diperhatikan. Yakni mata, pundak, siku, tangan, pinggul, lutut, dan kaki.

Masing-masing memiliki fungsi sendiri. Yakni mata berfungsi untuk melihat. "Pandangan mesti jauh agar jarak pandang lebih luas juga memudahkan dalam antisipasi jika ada obyek lainnya yang mengganggu," terang Andi.

Posisi pundak harus santai dan rileks, siku sedikit menekuk. Tangan menggenggam bagian grip kemudi dimana pengendara dapat dengan mudah mengendalikan seluruh instrumen dan pengoperasian komponen sepeda motor.

Pinggul, harus dalam posisi yang nyaman sehingga dengan mudah dapat mengoperasikan dan mengendalikan sepeda motor. Lutut sejajar dengan leg shield atau idealnya sedikit menjepit tangki untuk motor type sport sekaligus memudahkan pengendalian saat berbelok (cornering).

Letakkan bagian tengah telapak kaki pada sandaran kaki, serta jari kaki menghadap ke depan. Lalu ibu jari kaki secara ringan berada di atas pedal rem maupun pedal pemindah gigi persneling, jika menggunakan motor manual.

"Pijakan rem dan persneling harus tegak lurus dengan kaki. Hal ini untuk antisipasi, ketika terjadi pengeereman mendadak. Dengan begitu pengenara bisa langsung injak tuas," pungkasnya.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR