HOME » BERITA » RIO CURHAT SOAL MEKANIK F1

Rio Curhat soal Mekanik F1

Jum'at, 08 April 2016 20:45 Editor : Ahmad Khoirudin
Rio Haryanto (Foto: Sutton)

OTOSIA.COM - Dua lintasan sudah dilahap oleh pebalap F1 Indonesia, Rio Haryanto, yakni Melbourne Grand Prix Circuit (GP Australia) dan Bahrai International Circuit (GP Bahrain).

Dalam dua sirkuit itu, ia mulai berbenah, mempelajari ajang paling bergengsi di dunia ini, juga membeberkan sekian kendala yang dihadapi. Rio pun sempat curhat mengenai mekanik.

"Enginer bilang bahwa ban paling bagus yang dipakai atau strategi paling bagus yang dipakai adalah tukar dari soft lalu ke mid. Namun, terbukti bukan yang tercepat karena (yang lain) cuma pakai soft dan super-soft saja," ujarnya saat ditemui dalam pameran Indonesia International Motor Show 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Menurut dia, ini merupakan hal yang biasa terjadi dalam balapan, termasuk di ajang Formula One. Masukan dari mekanik tentu saja sudah melalui sejumlah perhitungan. Namun, ia coba berbenah dengan berusaha untuk punya keputusan sendiri yang sesuai dengan karakter balapnya.

"Ini hal yang bisa terjadi. Ya jadi saya mungkin harus bisa lebih fleksibel mengambil keputusan saya sendiri. Memang, strategi dari enginer adalah sesuatu yang betul, tetapi kenyataannya berbeda dengan apa yang kami plan-kan."

Ke depan, Rio akan turun di GP Cina, tepatnya di Sirkuit Internasional Shanghai. Rio menekankan bahwa salah satu perbaikan lainnya adalah dengan coba sendiri di tiap latihan untuk tahu strategi yang paling bagus.

(kpl/why/rd)

BERI KOMENTAR