HOME » BERITA » ROYAL ENFIELD BERENCANA BUKA PABRIK DI INDONESIA?

Royal Enfield Berencana Buka Pabrik di Indonesia?

Ternyata Royal Enfield Indonesia memiliki rencana untuk membuka pabrik sendiri.

Rabu, 25 November 2020 12:15 Editor : Cornelius Candra
Royal Enfield Berencana Buka Pabrik di Indonesia?
Royal Enfield Classic 500 (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Royal Enfield terus menunjukkan eksistensinya di Indonesia. Setelah memperkenalkan flagship store di Pondok Indah, Jakarta Selatan, pabrikan asal Inggris yang kini berpusat di India itu juga membuka 3 dealer baru di Jabodetabek.

Sebelumnya, juga sempat beredar desas-desus bahwa Indonesia akan menjadi basis perakitan di luar India. Hanya saja, pihak Royal Enfield justru memutuskan pembangung pabrikan di Thailand setelah Argentina.

1 dari 3 Halaman

Royal Enfield Classic 500

Irvino Edwardly, Country Manager Indonesia, Royal Enfield, mengatakan bahwa pihaknya memang memiliki strategi jangka panjang untuk membangun pabrik di Indonesia. Keinginan ini tak terlepas dari meningkatnya penjualan produk mereka di pasar otomotif Tanah Air.

"Mengenai rencana memiliki pabrik sendiri di Indonesia, tentu ada. Tapi, semua itu tergantung prinsipal pusat Royal Enfield, dan masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mendirikan pabrik sendiri," terang Irvino di sela-sela rolling-thunder bersama komunitas Royal Enfield beberapa waktu lalu.

2 dari 3 Halaman

Royal Enfield Himalayan

Dengan hadirnya fasilitas pabrik perakitan di Indonesia tentu akan berdampak positif. Harga motor Royal Enfield tentu bisa semakin kompetitif dan terjangkau. Hanya saja, Irvino masih belum bisa memastikan realisasi dari rencana tersebut.

"Kami memang cukup punya perhatian di sana, tentu ada keinginan untuk memiliki pabrik sendiri. Tapi, mengenai waktu, kami masih perlu mempelajari lagi rencana ini," tambah Irvino.

3 dari 3 Halaman

Royal Enfield Himalayan

Pria yang juga mengendarai Royal Enfield Himalayan ini sempat mengungkap bahwa Indonesia adalah pasar yang penting. Tapi, ada alasan tertentu yang membuat prinsipal akhirnya memutuskan mendirikan fasilitas Royal Enfield di Thailand.

"Kebetulan regulasi pemerintah Thailand untuk membuat pabrik lebih cepat. Tentu kami sudah mencoba berdiskusi dengan pemerintah. Tapi, kembali lagi, butuh jangka waktu tertentu untuk bisa mendirikan pabrik di Indonesia," pungkasnya.

BERI KOMENTAR