HOME » BERITA » ROYAL ENFIELD, SEPEDA MOTOR ASAL INDIA YANG MENDUNIA

Royal Enfield, Sepeda Motor asal India yang Mendunia

Jum'at, 02 Februari 2018 19:45 Editor : Cornelius Candra
foto : royalendfield.com

OTOSIA.COM - Siapa yang menyangka sepeda motor sekelas Royal Enfield adalah produksi India? Mulanya kendaraan roda dua ini diproduksi di Inggris dan digunakan sebagai armada British Force Motorcycle pada Perang Dunia I dan Pedang Dunia II.

Sebelum terjadi Perang Dunia pertama, motor pabrikan Inggris ini hanya Enfield tanpa kata "Royal" di depannya dan baru ditambahkan pada tahun 1911. Kala itu, Royal Enfield mensuplai sejumlah besar kebutuhan Departemen Perang Inggris.

Perkembangan pesat terjadi pada tahun 1920-an. Pada 1924, Royal Enfield meluncurkan sepeda motor 4 tak pertama dengan kapasitas mesin sebesar 350cc. Perang Dunia II juga berpartisipasi dalam kemajuan Royal Enfield. Inggris memberi otoritas untuk mengembangkan dan memproduksi sepeda motor militer. Model yang diluncurkan waktu itu adalah WD / C 350cc, WD / CO 350 cc OHV, WD / D 250 cc SV, WD / G 350 cc OHV dan WD / L 570 cc SV.

Pada tahun 1970, pasaca Perang Dunia II, Royal Enfield diproduksi di negara dengan penduduk terpadat kedua dunia melalui Eicher Motors Ltd. Perusahaan tersebut adalah pemain terkemuka di industri otomotif India.

Dilansir dari royalenfield.com, kini Royal Enfield mendedikasikan dirinya dalam kegiatan petualangan dan bersepeda santai. Namun hal itu tidak menghilangkan ciri khas desainnya sebagai armada perang Inggris.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR