HOME » BERITA » RUMAH DIGITAL INDONESIA HADIRKAN FESTIVAL KEMERDEKAAN VIRTUAL UNTUK MERIAHKAN HUT RI KE-76

Rumah Digital Indonesia Hadirkan Festival Kemerdekaan Virtual untuk Meriahkan HUT RI ke-76

HUT ke-76 RI akan tetap meriah, walaupun dilakukan dengan keterbatasan karena masih adanya pandemi Covid-19

Sabtu, 31 Juli 2021 10:14 Editor : Ahmad Muzaki
Konpers Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia. ©Setpres RI

OTOSIA.COM - Pada tanggal 17 Agustus 2021, Republik Indonesia akan berulang tahun ke-76. Untuk menyambut hari kemerdekaan, Rumah Digital Indonesia akan menggelar Festival Kemerdekaan Virtual. Menariknya, ini merupakan yang pertama kali di Indonesia.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yakin kemeriahan HUT ke-76 RI akan tetap meriah, walaupun dilakukan dengan keterbatasan karena masih adanya pandemi Covid-19. Nantinya kata dia perayaan akan dilakukan secara virtual di rumah digital Indonesia.

"Tetapi keramaiannya di dunia virtual, di arena digital itu, bagaimana kegiatan yang secara luring itu bisa dilakukan secara daring. Bahkan bisa meramaikan secara daring berpartisipasi secara daring itu yang kita akan selenggarakan juga bagaimana bulan kemerdekaan di dunia virtual," katanya dalam konferensi pers bulan kemerdekaan dan rumah digital Indonesia dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7).

"Arenanya digital, semangatnya tetap sama, ruangnya beda, daya juang perjuangan kemerdekaan tetap sama, berusaha untuk kemajuan Indonesia tetap sama," tambahnya.

Staf Khusus Presiden yang juga Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia (RDI) Putri Tanjung menjelaskan, RDI akan memberikan pengalaman baru bagi masyarakat dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Terlebih di tengah pandemi yang sedang dihadapi saat ini.

"Di Tengah situasi pandemi yang menghalangi kita berkumpul merayakan kemerdekaan secara langsung, Rumah Digital Indonesia hadir menjadi tempat masyarakat berkumpul merayakan kemerdekaan sambil mengenal keragaman Indonesia," katanya.

Masyarakat bisa mengakses melalui www.rumahdigitalindonesia.id dan mengikuti berbagai aktivitas, salah satunya bisa mengikuti berbagai perlombaan melalui fitur Arena Perlombaan. Di sini masyarakat bisa bersaing antarperserta dalam perlombaan seperti balap karung, makan kerupuk, dan tarik tambang secara virtual. Bisa juga berbelanja untuk para UMKM.

Putri Tanjung menjelaskan dalam Rumah Digital meliputi berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan secara offline. Nantinya bisa dilakukan secara online.

"Masyarakat bisa eksplore. Nantinya ada perlombaan 17 ada perlombaan bisa mengikuti khas 17, seperti makan krupuk, tarik tambang secara virtual," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan masyarakat bisa berkompetisi tidak hanya di lingkungan RT/RW melainkan dengan seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu dia juga menjelaskan dalam ruang digital tersebut akan ada pasar lokal, bazar.

Sehingga masyarakat bisa berbelanja di area bazar tersebut. Selain itu, Putri juga menjelaskan jika nantinya akan dipamerkan foto-foto dari wartawan Keprisedenan yang menampilkan foto kegiatan di Istana.

"Ada panggung nasional, panggung utama dari rumah digital Indonesia. Konser banyak seniman mulai dari Jemimah, Yura Yunita dan upacara kenegaraan," katanya.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR