HOME » BERITA » SAAT DIGELINDINGKAN, TERNYATA BEDA BAN BEDA PULA DAYA TEKANNYA

Saat Digelindingkan, Ternyata Beda Ban Beda Pula Daya Tekannya

Selasa, 05 Desember 2017 20:45

Saat Digelindingkan, Ternyata Beda Ban Beda Pula Daya Tekannya
Gelindingkan Ban (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Otolovers pasti tahu bagaimana tujuan dari pembuatan ban, dimana ban dibuat sedemikian rupa supaya kendaraan yang memakainya tak cuma mendapatkan tumpuan yang baik dari ban. Melainkan pula juga bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Lantas apakah perbedaan dari ban bisa menunjukkan perbedaan hasil pula?

Dalam video yang diproduksi di Jepang ini Otolovers bakalan tahu bagaimana daya tekan yang berbeda akan datang dari ban yang berbeda pula. Parameter dari uji coba ini sebenarnya cukup sederhana, yakni ban yang dipergunakan adalah ban yang memiliki berat berbeda, diameter berbeda dan ulir yang juga berbeda.

Ban yag dipergunakan antara lain adalah ban mobil keluarga seperti MPV dan sedan. Sementara untuk sebagai faktor pembeda diberikan pulalah ban mobil Formula 1 dan mobil truk yang biasa dioperasikan di wilayah pertambangan supaya memberikan perbedaan yang signifikan satu sama lain.

Dan jelas saja, saat digelindingkan ada satu kesamaan antara satu ban dan yang lainnya, yakni kecepatan serta tekanan yang dihasilkan sangat bergantung pada kontur dan bobot dari ban itu sendiri. Semakin besar, biasanya semakin jauh lontarannya. Menurut Otolovers mana nih yang paling dahsyat daya gelindingnya?

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-5
detail

BERITA POPULER