HOME » BERITA » SAAT HENDAK MENYALIP, PERHATIKAN BEBERAPA POIN PENTING INI

Saat Hendak Menyalip, Perhatikan Beberapa Poin Penting Ini

Perlu diketahui kapan posisi menyalip yang tepat agar tetap aman dalam berkendara.

Minggu, 24 Desember 2017 13:00 Editor : Rohimat Nurbaya
Ilustrasi menyalip (says.com)

OTOSIA.COM - Saat berkendara di jalan, perilaku ugal-ugalan pengendara kerap ditemukan. Terkadang meski jalanan sedang ramai, banyak pengendara yang memaksakan untuk menyalip. Padahal menyalip adalah salah satu hal berisiko saat berkendara di jalan raya.

Maka dari itu, perlu diketahui kapan posisi menyalip yang tepat agar tetap aman dalam berkendara. Ada baiknya tata cara menyalip dengan benar harus dipenuhi, karena banyak dijumpai pengendara yang sering mengabaikan cara yang benar dalam menyalip kendaraan lain. Hal itu demi keselamatan dan menghindari kecelakaan fatal. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat hendak mendahului mobil di depan.

1. Pastikan jalan di depan aman

Pastikan jalan yang di depan aman di mana Anda harus menjaga ruang yang cukup bagi kendaraan yang dilewatinya. Selain itu, posisikan kendaraan kamu agar tetap terlihat oleh pengemudi kendaraan lain. Caranya adalah mengambil jarak antara kendaraan kamu dengan kendaraan lain agar terpantau spion.

2. Menyalip melalui lajur kanan

Wajib hukumnya menyalip kendaraan lain di lajur kanan, sebab di Indonesia menganut setir kanan. Selanjutnya, kamu harus hindari menyalip melalui lajur kiri karena pada lajur kiri terkadang terdapat pejalan kaki, pedagang, motor, atau kendaraan lain yang berhenti.

3. Beri isyarat lampu sein jika menyalip dan perhatikan titik blind spot

Bila Anda sudah memiliki ancang-ancang untuk menyalip di sebelah kanan, periksa cermin pandangan belakang guna melihat kendaraan yang mendekat dari arah belakang. Kemudian, beri isyarat lampu sein untuk mendahului. Isyarat lampu sein sedikitnya 3 detik sebelum keluar jalur dan menyusul.

Setelah itu, cek blind spot dengan menengok ke belakang jika memungkinkan, mulailah tambah kecepatan untuk menyalip. Lakukan prosedur menyalip dengan pengaturan kecepatan serta akselerasi yang tepat dan halus. Biasanya pergerakan kemudi tidak lebih dari 1/8 putaran.

4. Relaks dan penuh perhitungan

Saat Anda menyalip usahakan agar penuh perhitungan dan tidak tergesa-gesa. Jangan lupa, selalu berkomunikasi dengan kendaraan di sekitarnya dengan memanfaatkan lampu dan klakson untuk memberi isyarat.

(Sumber: daihatsu.co.id)

(kpl/mat)

BERI KOMENTAR