HOME » BERITA » SAAT NYETIR, POSISI TANGAN 9-3 ATAU 10-2?

Saat Nyetir, Posisi Tangan 9-3 Atau 10-2?

Selasa, 24 April 2018 22:30 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Nissan

OTOSIA.COM - Pernah mendengar istilah posisi tangan sesuai angka jarum jam? Jika belum, biasanya orang-orang akan menyebut posisi tangan di setir sesuai dengan posisi angka 9 dan 2. Tapi ada juga yang bilang 10 dan 3.

Lalu manakah yang benar? Mengingat, posisi tangan memang menentukan bagaimana seorang pengemudi mengendalikan kendaraannya dengan tujuan utama mengoptimalkan performa.

Namun, hingga saat ini masih muncul perdebatan tentang posisi tangan saat menyetir. Dilansir dari situs resmi Nissan, 95 persen pengendara menggunakan pedoman posisi 10-2 dan posisi yang dianggapnya nyaman.

Alasannya, posisi tersebut merupakan posisi yang diajarkan waktu dulu belajar movil. Sayangnya, posisi 10-2, saat ini dianggap kurang sesuai dengan model mobil zaman sekarang. Saat ini, tangan seharusnya diletakkan di posisi 9 dan tiga agar kontrol kemudi tetap optimal. Mengapa?

1. Menyesuaikan Airbags

Seiring perkembangan teknologi posisi 10-2 yang dulu diajarkan di sekolah mengemudi mulai ditinggalkan. Sebab, posisi di 10 dan 2, 11 dan 1, atau bahkan 12, akan menghalangi keluarnya airbags dari tempat penyimpanan, yang menyebabkan adanya risiko tangan akan terluka.

2. Menjaga Keseimbangan

Posisi 9 dan 3 merupakan posisi yang seimbang menuju dari atas ke bawah dan dari sisi satu ke sisi lain. Tangan akan senantiasa seimbang dan memudahkan untuk melakukan manuver penghindaran ketika terjadi hal yang tak terduga. Bila dibanfingkan dengan posisi 10 dan 2, otolovers akan butuh lebih banyak gerakan ketika memutar kemudi ke sisi sebelah. hal ini membuat kemudi jadi kurang seimbang.

3. Perputaran Kemudi Ketika Berbelok

Mempertahankan tangan di posisi 9 dan 3 akan memberikan perputaran ayng lebih optimal tanpa menggerakkan tangan terlalu sering. Hal ini akan memberikan kesempatan untuk mengemudi sexara efisien. Menggunakan posisi ini juga bisa memahami posisi lurus mobil, sehingga akan mudah memperkirakan gerakans etelah berbelok.

4. Menentukan Kenyamanan

Posisi 9-3 adalah posisi ternyaman dan amanketika mengemudi. Selama posisi setir sesuai dengan tubuh otolovers, otot bisep dan pundak akan tetap rileks. Posisi tangan yang terlalu tinggi akan menyebabkan tangan cepat lealh dan cara mengemudi jadi sulit.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR