HOME » BERITA » SADARKAH KITA, WULING CIPTAKAN POLA PIKIR MOBIL KELUARGA 2.0

Sadarkah Kita, Wuling Ciptakan Pola Pikir Mobil Keluarga 2.0

Tidak sekadar penyematan teknologi canggih pada Almaz RS, faktanya, Wuling sepertinya sedang menancapkan pola pikir baru, sebuah usaha berupa mobil keluarga level 2.0.

Senin, 26 Juli 2021 22:15 Editor : Nazarudin Ray
Sadarkah Kita, Wuling Ciptakan Pola Pikir Mobil Keluarga 2.0
Wuling Almaz RS bisa "diajak ngobrol" (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Perbaikan terhadap sesuatu setidaknya cenderung mengarah pada dua hal, apakah bisa lebih murah atau lebih canggih? Rasa-rasanya begitu pulalah yang diterapkan dalam sebuah mobil sebagai rumah kedua bagi sebagian besar orang.

Manakala tempat tinggal tidak jarang justru begitu jauhnya dari tempat tujuan, di situ pulalah mobil pada akhirnya menjadi rumah kedua. Para produsen kemudian berlomba-lomba meramu sebuah kendaraan yang bisa memenuhi segala faktor.

1 dari 5 Halaman

Nyaman sudah pasti jadi poin penting. Lalu menyenangkan untuk dikendarai, sigap saat gas dan rem lalu sederet teknologi yang mendukungnya juga terus disajikan di depan mata.

Lalu apa setelahnya? Tidak jarang muncul rasa ingin keluar dari zona nyaman untuk kemudian melahirkan satu langkah baru lagi, sebuah kejutan baru, "wow factor", atau sebuah level yang bisa disebut sebagai 2.0 karena selangkah di atas dari yang sudah ada.

2 dari 5 Halaman

Kecanggihan Almaz mengundang rasa penasaran

Menariknya, di tengah hiruk pikuk suguhan ramuan dari para produsen akan kebutuhan calon pembelinya, ada Wuling yang mengambil peran untuk membuat kejutan tersebut.

Jika bicara apakah bisa lebih murah? Siapa yang tidak terkejut dengan harga sebuah MPV non-LCGC tetapi harganya justru sedemikian lekat dengan LCGC? Begitulah Confero pada awal kemunculannya.

Logika masyarakat pun terpatahkan. Sebuah mobil keluarga berukuran besar 4.530 x 1.691 x 1.730 mm dan benar-bentar muat tujuh orang, harganya bahkan mepet dengan LCGC kala itu.

3 dari 5 Halaman

Lalu yang terbaru, Almaz. Sebuah mobil yang namanya dari bahasa Arab (berarti 'berlian') sebagai usaha memenuhi kebutuhan mobil keluarga sekaligus tren akan SUV, yang ajaibnya bisa diajak ngobrol.

Pengemudi tinggal mengatakan kalimat "buka kaca jendela", "periksa tekanan ban", "buka sunroof", "nyalakan AC" sampai dengan perintah untuk Whatsapp ke orang lain cukup via suara dan berakhir pada ketikan, maka SUV Wulling Almaz akan benar-benar mengerjakannya. Menariknya fitur ini dioperasikan pakai bahasa Indonesia.

Selain itu, mobil ini ditopang dengan mesin 1.500cc turbocharger, stop-start button, pengaturan ECO atau Sport, dan transmisi CVT.

4 dari 5 Halaman

Almaz yang dalam bahasa Arab berarti berlian

Ibaratnya "fine dining" di sebuah restoran, segala rupa disajikan. Kesan modern di lampu LED pada segala sudut, headunit layar 10 inci lebih bisa mirroring dan terkoneksi Android, kamera 360 derajat, sensor-sensor parkir, tombol-tombol di kemudi, paket tanpa tanggung panoramic roof dan sunroof, kompartemen penyimpanan di mana-mana, kursi elektrik, charging smartphone tanpa kabel (Almaz RS).

Belum lagi aspek pendukung rasa aman dan keselamatan lewat cakram di keempat roda, ABS, EBD, Brake Assist, Automatic Vehicle Holding dan Hill Hold Control buat yang takut di tanjakan, Traction Control System, Stability Control, kursi sudah Isofix untuk pakai bangku anak, Immobilizer, Anti-thef Alarm, dan Keyless Entry.

5 dari 5 Halaman

Mobil apa ini sebenarnya? Sepatutnya kita bingung dengan pertanyaan apalagi di tengah "wow factor" soal bagaimana Wuling mematok harganya sekaligus menjawab pertanyaan penting di awal tadi: "apakah bisa lebih murah?"

Maka kita sadar atau tidak mungkin bertanya-tanya, apakah mobil-mobil keluarga kelak sepatutnya dimulai dengan standar yang seperti ini? Faktanya, Wuling sepertinya sedang menancapkan pola pikir baru, sebuah usaha berupa mobil keluarga level 2.0.

BERI KOMENTAR