HOME » BERITA » SAFETY CHECK, HAL YANG SERING DIABAIKAN SAAT KENDARAI MOTOR

Safety Check, Hal yang Sering Diabaikan Saat Kendarai Motor

Memeriksa kendaraan saat hendak memakainya kerap diabaikan oleh pengendara sepeda motor, padahal hal itu penting karena bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Rabu, 19 Februari 2020 18:48 Editor : Dini Arining Tyas
Safety Check, Hal yang Sering Diabaikan Saat Kendarai Motor
Training safety riding di MPM Learning Center (Ist)

OTOSIA.COM - Keselamatan berkendara menjadi tanggung jawab siapapun yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya. Keselamatan berkendara itu bisa dilakukan sejak hendak mengendarai kendaraan bermotor.

Satu hal yang kerap diabaikan oleh pengendara motor adalah safety check. Langkah ini sebenarnya sederhana, tapi mungkin banyak yang menganggapnya remeh.

"Saat akan mengendarai sepeda motor memang lebih baik melakukan pengecekan kendaraan, tapi ini jarang dilakukan," kata Instruktur Safety Riding PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda Jatim dan NTT Hari Setiawan, saat pelatihan safety riding bersama awak media, Rabu (19/2/2020), di MPM Learning Centre Sedati.

1 dari 1 Halaman

Training safety riding di MPM Learning Center Sedati (Otosia.com/Dini)

Safety check ini terdiri dari pengecekan secara menyeluruh untuk kendaraan. Mulai dari kondisi rem, tekanan ban, rantai, spion, dan komponen kendaraan lain. Jika terasa sudah aman dan tak ada masalah maka berkendara pun akan lebih aman dan nyaman.

"Safety check itu intinya memastikan kondisi kendaraan aman baru naik. Ini juga bisa menjadi terjadinya kecelakaan saat berkendara," terang Hari.

Selain itu, pengendara juga harus mengenakan perlengkapan berkendara standar dan wajib. Yakni, helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Jangan lupa pula untuk membawa surat-surat berkendara, yakni SIM dan STNK.

BERI KOMENTAR