HOME » BERITA » SAHAM TESLA TERPURUK, ELON MUSK BUKAN LAGI ORANG TERKAYA DI DUNIA

Saham Tesla Terpuruk, Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya di Dunia

Bos Amazon Jeff Bezos kembali menjadi orang terkaya di dunia. Sementara itu CEO Tesla yang sempat menggeser posisi Bezos turun menjadi orang terkaya kedua.

Kamis, 25 Februari 2021 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Saham Tesla Terpuruk, Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya di Dunia
Elon Musk (Car Advice)

OTOSIA.COM - Awal Januari 2021 lalu, CEO Tesla Elon Musk menjadi orang terkaya nomor 1 di dunia. Nilai harta kekayaan Elon Musk mengungguli Bos Amazon saat itu, Jeff Bezos.

Tapi rupanya predikat orang terkaya sedunia itu tak bertahan lama. CEO nyentrik itu turun ke posisi kedua, usai nilai saham Tesla yang turun lebih dari 20 persen sejak Januari 2021.

Dilansir dari Car Advice, sebelumnya saham pabrikan mobil listrik itu dihargai tertinggi sepanjang masa sebasar USD 880,02. Namun, pada 23 Februari 2021 harga saham turun 20,68 persen menjadi USD 698,84.

1 dari 5 Halaman

Pekan ini, Tesla mengalami penarikan 12,5 persen sehingga mengurangi sekitar USD 70 miliar dari kapitalisasi pasarnya. Forbes saat ini memperkirakan kekayaan bersih pribadi Musk mencapai USD 182,2 miliar.

Sementara itu, posisi orang terkaya di dunia kembali diambil alih CEO Amazon Jeff Bezos dengan aset sekitar USD 189,3 miliar. Seorang analis keuangan di Wedbush Securities, Dan Ives mengatakan kepada BBC bahwa investasi signifikan Tesla dalam Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dalam beberapa pekan terakhir memiliki kontribusi kepada penurunan itu.

"Musk dan Tesla secara agresif menaikkan Bitcoin. Investor mulai mengikat Bitcoin dan Tesla. Aksi jual selama 48 jam baru-baru ini dalam Bitcoin dan peningkatan volatilitas telah mendorong beberapa investor keluar dari nama ini dalam waktu dekat," katanya.

2 dari 5 Halaman

Viral Cuitan Warga +62 Beri Ultimatum ke Bos Tesla Elon Musk

Indonesia tengah berusaha untuk menarik Tesla ke Tanah Air. Rencananya, pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat itu akan diajak kerja sama untuk pengembangan industri mobil listrik Tanah Air.

Sayangnya, meskipun kabar itu sudah berhembus kencang sejak tahun lalu, Menteri BUMN Erick Thohir baru akan membuka pembicaraan dengan Tesla pada Februari 2021 mendatang. Kabar kerja sama Indonesia dengan Tesla itu juga memengaruhi sentimen pasar.

Beberama emiten pertambangan pun terimbas dengan kabar perkembangan industri mobil listrik Tanah Air. Para pemain saham ritel pun bersemangat untuk berinvestasi.

 

3 dari 5 Halaman

Tapi rupanya, beberapa harga saham sejumlah emiten pertambangan itu sempat nyangkut alias tak mau naik beberapa hari lalu. Hal itu membuat para pemain saham ritel gemas.

(c) Twitter/trickyinvestor

Di media sosial Twitter, warganet pun membuat cuitan berisi ultimatum yang ditujukan kepada Bos Tesla Elon Musk. Cuitan itu terkesan serius tapi juga terkesan bercanda.

"The very important problem is u and ur team jadi datang kesini apa kagak, the nyangkuters need u." cuit akun @trickyinvestor dengan cara meng-quote retweet cuitan Elon Musk pada 18 Januari 2021.

4 dari 5 Halaman

Akun tersebut juga kemudian kembali membalas cuitan sebelumnya dengan menjabarkan kondisi yang baru-baru ini sedang disoroti. Pasalnya, beberapa orang ternyata tak segan untuk meminjam uang melalui pinjaman online demi membeli saham emiten yang dirasa sangat menguntungkan di masa yang akan datang jika Tesla benar-benar hadir di Indonesia.

(c) Twitter/trickyinvestor

"Dear om @elonmusk, u hace to came to this beautiful country, because there is some people did crazy things by minjem duit pinjol n makai uang nikah to haka saham-related-to-batere, so datanglah atau kami santet?!?" cuit akun tersebut.

Pengguna Twitter lain juga rupanya tak mau kalah memberikan ultimatum. Terlepas dari serius atau tidak, cuitan mereka cukup menghibur juga.

"Kalo gak kesini kesini, kita boikot Tesla dan colokin pakai charger vivan," cuit @taufichhilman

5 dari 5 Halaman

BERI KOMENTAR