HOME » BERITA » SAINGI KAWASAKI NINJA H2, HONDA PATENKAN DESAIN MOTOR SUPERCHARGER

Saingi Kawasaki Ninja H2, Honda Patenkan Desain Motor Supercharger

Jum'at, 14 September 2018 11:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Morbike.co.uk

OTOSIA.COM - Saat ini, satu-satunya pabrikan Jepang yang menjual motor supercharger hanyalah Kawasaki dengan Kawasaki Ninja H2. Kini, Honda telah menyiapkan saingan dari motor sport seharga Rp600 jutaan tersebut.

Desain mesin 2-silinder v-twin supercharger Honda

Mengutip dari Morebikes.co.uk, pabrikan berlogo sayap itu bahkan telah mematenkan desain pesaing Kawasaki Ninja H2 tersebut. Menariknya, konfigurasi mesin yang diterapkan ialah 2-silinder v-twin, layaknya Harley Davidson.

Desain mesin 2-silinder v-twin supercharger Honda

Berdasarkan desain yang beredar, motor baru Honda ini akan bergenre naked-sportbike alias tidak menggunakan fairing seperti Kawasaki Ninja H2. Sasisnya menggunakan sistem teralis untuk menjaga bobotnya tetap ringan.

Desain mesin 2-silinder v-twin supercharger Honda

Supercharger motor ini terletak di tengah mesin, tepat di antara dua buah filter udara besar. Sepasang kotak udara tersebutlah yang nantinya memasok udara ke supercharger untuk meningkatkan tenaga dari mesin 2-silinder.

Desain mesin 2-silinder v-twin supercharger Honda

Di sektor kaki-kaki depan, Honda mengandalkan suspensi upside down. Sementara itu, di belakang, pabrikan asal Jepang ini masih menggunakan swing-arm konvensional dua sisi dan monoshock.

Kawasaki Ninja H2

Penggunaan supercharger pada Kawasaki Ninja H2 berhasil membuat motor sport tersebut memiliki tenaga terbesar di kelas 998cc, mencapai 207 hp. Sebagai perbandingan, tenaga Kawasaki Ninja ZX-10R yang berkubikasi sama hanya sebesar 197 hp.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR