HOME » BERITA » SALAH GANTI DIAMETER KNALPOT BISA TURUNKAN TENAGA MOBIL

Salah Ganti Diameter Knalpot Bisa Turunkan Tenaga Mobil

Memodifikasi mobil sudah hal yang sangat biasa saat ini. Biasanya salah satu partisi kendaraan yang paling sering diubah adalah knalpot.

Kamis, 27 Desember 2018 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi knalpot mobil (meineke.com)

OTOSIA.COM - Memodifikasi mobil sudah hal yang sangat biasa saat ini. Biasanya salah satu partisi kendaraan yang paling sering diubah adalah knalpot.

Bagian ini diganti biasanya untuk mendapatkan raungan suara mesin yang superb. Sebab ada anggapan bahwa semakin besar saluran maka akan memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap performa mobil.

Ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Menurut laman resmi Nissan Indonesia, diameter pembuangan seharusnya disesuaikan dengan kapasitas mesin mobil yang diusung.

Dimensi saluran pembuangan ini tak boleh melebihi kapasitas mesin. Misalnya, kapasitas mesin 1.000cc sampai 1.500cc bisa menggunakan pipa exhaust berdiameter 2 inci. Sedangkan 1.500cc sampai 2.000cc, bisa pakai knalpot berdiameter 2,5 inci, dan seterusnya.

Dengan begitu tenaga mobil pun bisa stabil atau bahkan lebih baik dari sebelumnya. Jika ngotot ingin menggunakan knalpot yang tidak sesuai, berarti siap untuk mendapatkan tenaga mobil yang semakin kecil.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR