HOME » BERITA » SALAH ISI BBM MOBIL? KALEM BRO

Salah Isi BBM Mobil? Kalem Bro

Tentu kesalahan isi BBM ini bisa berdampak buruk bagi mesin mobilmu. Sebab kedua jenis mesin tersebut memiliki cara kerja yang berbeda.

Rabu, 04 Juli 2018 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto ilustrasi by autodeal

OTOSIA.COM - Siapapun tentu pernah membuat kesalahan. Dari kesalahan yang sepele hingga yang benar-benar serius.

Contohnya, tak sengaja mengisi BBM yang salah. Harusnya mengisi solar untuk mobil bermesin diesel, malah diisi bensin. Atau sebaliknya, mesin bensin malah diisi solar.

Persoalan itu mungkin bisa saja terjadi bagi otolovers yang memiliki lebih dari satu mobil dengan jenis mesin yang berbeda.

Tentu kesalahan isi BBM ini bisa berdampak buruk bagi mesin mobilmu. Sebab kedua jenis mesin tersebut memiliki cara kerja yang berbeda.

Mesin diesel selain menjadi tenaga untuk kendaraan itu sendiri, juga bertindak sebagai pelumas mesin itu sendiri. Sedangkan bensin tak memiliki kemampuan untuk hal itu.

Foto by Autodeal

Sebaliknya, bensin akan meningkatkan gesekan pada bagian-bagan tertentu dari mesin diesel. Pastinya, hal ini akan bisa merusak mobil.

Saat menghadapi persoalan seperti ini, tenangkan dirimu bro. Jangan keburu panik ya.

Melansir autodeal, hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan menyalakan mesin mobil. Jangan pula memasukkan kunci mobil pada lubang kunci start.

Informasikan kepada petugas SPBU secepatnya saat kamu menyadari hal itu. Minta bantuan orang lain untuk mendorong mobilmu ke tempat yang cukup aman.

Hubungi mobil derek jika memang membutuhkan bantuannya. Ingat, jika memaksakan mesin mobil menyala dan menjalankannya sama saja dengan membuat mesin mobilmu rusak.

Selanjutnya, hubungi mekanik kepercayaanmu untuk membantumu mengatasi persoalan ini. Intinya, tetap tenang dan jangan keburu panik ya.

Kedepannya, supaya hal seperti ini tidak terulang, otolovers mungkin perlu meletakkan penanda di setiap mobilmu. Sederhana, kamu mungkin bisa memberikan warna atau sticker yang berbeda untuk setiap jenis mobilmu di tempat yang mudah terlihat.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR