HOME » BERITA » SALUT, BRIGADIR POLISI INI BIKIN MOBIL SPORT DARI BESI BANGUNAN DAN TRIPLEKS

Salut, Brigadir Polisi Ini Bikin Mobil Sport dari Besi Bangunan dan Tripleks

Berawal dari mobil bekas, Brigadir Polisi ini membuat mobil sport

Selasa, 11 Mei 2021 08:15 Editor : Ahmad Muzaki
Salut, Brigadir Polisi Ini Bikin Mobil Sport dari Besi Bangunan dan Tripleks
Brigadir Polisi buat Mobil Sport Sendiri. Kanal YouTube IAN BAPONTAR ©2021 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Meski menjadi aparat kepolisian, kreativitas Brigadir Ian Aditya tak surut. Pria yang menjadi anggota Polsek Labuan, Resor Donggala, Sulawesi Tengah ini mampu membuat mobil sport.

Awalnya hal ini bermula dari membongkar mobil bekasnya. Kemudian mobil tersebut dirakit hingga membentuk mobil sport.

Ingin tahu penampakan mobil buatan sendiri sang Brigadir Polisi ini? Berikut ulasannya.

1 dari 7 Halaman

Sulap Mobil Murah jadi Mewah

Kanal YouTube IAN BAPONTAR 2021 Merdeka.com

Melansir dari kanal YouTube Ian Bapontar, Brigadir Ian masih memperhalus kondisi mobil sport hasil rakitannya sendiri. Berawal dari membeli mobil bekas merek Honda Civic Nova warna abu-abu kemudian dibongkar hingga diperoleh bagian dalam mesin.

"Ya ngomong-ngomong memang proses terjadinya mobil ini banyak tahapannya ya yang dilewati. Dari mobil awal Honda Civic Nova yang saya bongkar, saya potong-potong semua," kata Brigadir Ian.

2 dari 7 Halaman

Barulah Brigadir Ian membuat rangka dengan besi bangunan dan tripleks. Tak ayal ia membutuhkan banyak perekat berupa lem dan isolasi. Meski begitu, tampilan mobil rakitannya tak kalah menarik dengan mobil sport pada umumnya.

"Saya buatin rangkanya dari besi bangunan, terus dibungkusin pakai tripleks. Terus pakai isolasi dan sebagainya sampai terbentuklah mobil kaya gini. Terus bodi mobil ini dari fiber," terangnya.

3 dari 7 Halaman

Waktu Pengerjaan Mobil Sport Sendiri

Kanal YouTube IAN BAPONTAR 2021 Merdeka.com

Mobil sport yang didominasi warna kuning itu kini sudah menghabiskan dana sekitar Rp70 juta. Itu sudah termasuk harga mobil awal Rp32 juta.

Waktu yang dibutuhkan oleh Brigadir Ian untuk menghasilkan mobil sport ini sekitar 11 bulan.

"Lamanya pengerjaan ini ya sudah 11 bulan lebih. Sebenarnya kalau saya fokus ke mobil ini, mungkin bisa 7 bulan lebih cepat. Tapi ya mau bagaimana lagi, ada tugas juga saya sebagai abdi negara Polri. Jadi harus mengutamakan tugas," papar Ian.

4 dari 7 Halaman

Mobil Sport Bahan Besi Bangunan dan Fiber

Kanal YouTube IAN BAPONTAR 2021 Merdeka.com

Sebagian besar bahan yang dibutuhkan untuk membuat mobil sport itu sendiri ialah fiber. Ian juga menggunakan besi bangunan dan tripleks. Selain itu penggunaan cat masih dasar belum dihaluskan lagi.

"Bahan-bahan pembuatan mobil ini 80 persen dari fiber. Untuk pengecatannya saya buat seperti ini dulu. Belum clear ya. Ini kalau dilihat memang sudah mengkilap ya. Tapi ini belum diolesin lagi," ujar Ian.

5 dari 7 Halaman

Kendala Membuat Mobil Sport Sendiri

Kanal YouTube IAN BAPONTAR 2021 Merdeka.com

Tentunya bukan hal mudah menyulap mobil bekas menjadi mobil mewah. Namun Brigadir Ian mengaku sulit untuk menghilangkan gelombang yang ditimbulkan dari fiber. Ditambah lagi, ada bagian yang belum rata.

"Kendalanya di bagian bodi mobil ini masih banyak tempat-tempat yang belum rata. Masih banyak gelombangnya. Ya harap maklum. Sampai kemarin saya kepikiran gelombang-gelombang kecilnya mau saya hilangkan. Mau didempul lagi," ucap Ian.

6 dari 7 Halaman

Sementara itu, Brigadir Ian akan memerhatikan bagian interiornya dulu. Karena ia sudah membeli kulit, karpet, busa dan masih banyak lagi.

"Tapi ya itu mungkin makan waktu lebih lama. Sementara saya mau fokus ke interiornya dulu," pungkasnya.

7 dari 7 Halaman

Penulis: Kurnia Azizah

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR