HOME » BERITA » SAMA-SAMA BERGAYA SUV, PILIH RENAULT KWID CLIMBER ATAU SUZUKI IGNIS?

Sama-Sama Bergaya SUV, Pilih Renault Kwid Climber atau Suzuki Ignis?

Komparasi desain, fitur, dan performa antara Renault Kwid Climber dengan Suzuki Ignis?

Kamis, 28 Mei 2020 17:45 Editor : Cornelius Candra
Sama-Sama Bergaya SUV, Pilih Renault Kwid Climber atau Suzuki Ignis?
Renault Kwid Climber (Renault Indonesia)

OTOSIA.COM - Maxindo Renault Indonesia (MRI) belum lama ini merilis produk terbarunya, Renault Kwid Climber. COO MRI, Davy J Tuilan, menyebut bahwa mobil tersebut terlahir sebagai sebuah Urban SUV.

Davy pun mengatakan bahwa pesaing terdekat Renault Kwid Climber dengan konsep yang sama ialah Suzuki Ignis. Wajar saja, kedua mobil tersebut dikembangkan untuk pasar otomotif India sebelum akhirnya diboyong ke Indonesia.

Lantas, dari 2 urban SUV tersebut, manakah yang lebih unggul, Renault Kwid Climber atau Suzuki Ignis? Berikut ulasannya:

1 dari 4 Halaman

Renault Kwid Climber

Secara fisik, baik Suzuki Ignis maupun Renault Kwid Climber sama-sama mengusung konsep urban SUV. Keduanya dibekali dengan ground clearance yang cenderung tinggi, 180 mm pada Suzuki Ignis dan Renault Kwid Climber mencapai 184 mm.

Selain itu, Suzuki Ignis dan Renault sama-sama memiliki bumper dengan aksen yang menyerupai skid-plate, roof-rail di atapnya, dan side-body cladding. Ketiga komponen tersebut memperkuat kesan keduanya sebagai sebuah SUV.

2 dari 4 Halaman

Suzuki Ignis

Renault Kwid Climber bisa dibilang lebih canggih. Mobil ini memiliki head-unit dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto, armrest bangku baris kedua, kamera mundur, serta LED digital instrument cluster.

Sementara itu, Suzuki Ignis masih mengandalkan head-unit touchscreen tanpa kedua konektifitas layaknya Renault Kwid Climber. Hanya saja, mobil ini telah menggunakan projector headlight, sedangkan rivalnya masih bohlam, meski sama-sama memiliki LED DRL.

3 dari 4 Halaman

Interior Renault Kwid Climber

Untuk urusan performa, Suzuki Ignis jelas lebih unggul. Mobil ini dibekali mesin 4-silinder inline 1.200 cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 83 ps dengan torsi maksimum 113 Nm.

Sedangkan Renault Kwid Climber hanya mendapat asupan tenaga sebesar 68 ps dan torsi 91 Nm. Performa tersebut berasal dari mesin 3-silinder 1.000 cc dan dikawinkan dengan transmisi AMT.

4 dari 4 Halaman

Interior Suzuki Ignis

Jika harga murah menjadi keunggulan, jelas pemenangnya adalah Renault Kwid Climber. Meski diimpor dari India, mobil ini dibanderol Rp158,9 juta (OTR Jakarta).

Harga Suzuki Ignis jauh lebih tinggi dibanding rivalnya itu. Mobil ini hadir dalam 4 varian dengan banderol Rp171 juta di tipe terendah, sedangkan yang tertinggi mencapai Rp200 juta.

BERI KOMENTAR