HOME » BERITA » SAMA-SAMA CITY CAR, INI BEDA SUZUKI BALENO, TOYOTA YARIS DAN HONDA JAZZ

Sama-Sama City Car, Ini Beda Suzuki Baleno, Toyota Yaris dan Honda Jazz

Minggu, 29 Juli 2018 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Dok Otosia.com

OTOSIA.COM - Perkembangan mobil segmen city car di Indonesia saat ini memang tak begitu menggeliat Namun, mobil yang cocok digunakan untuk perjalanan dalam kota tersebut masih memiliki penggemarnya.Alasannya tak lain karena desainnya yang menarik dan segudang fitur yang memberikan kenyamanan bagi si pengendara.

Meski ditujukan sebagai transportasi perkotaan, city car juga memiliki kemampuan untuk menjelajah jauh. Berikut 3 city car yang dapat menjadi pilihan konsumen yang dirangkum Otosia beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Suzuki Baleno

Sebagai mobil hatchback, harga yang ditawarkan cukup kompetitif bahkan sedikit berada di bawah pesaingnya, yaitu Rp 199,5 juta hingga Rp 212 juta. Suzuki Baleno mengusung mesin VVT DOHC berkode mesin yang sama dengan Ertiga facelift, yakni K14B berkapasitas 1,4L. Di mana mampu menghasilkan tenaga 91 hp pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm dengan dua pilihan transmisi AT dan MT.

Foto by Suzuki Indonesia

Teknologi yang disematkan juga sudah cukup mumpuni dan membantu pengendara seperti keyless entry, sehingga konsumen bisa langsung membuka pintu tanpa harus kesulitan menekan tombol kunci terlebih dahulu. Tentunya fitur tersebut dipadukan start/stop button untuk menyalakan mesin mobil tanpa harus memutar kunci lagi.

Dari sisi kenyamanan pengemudi, joknya memiliki height adjuster, selain sistem reclining. Bahkan, ada sandaran lengan di sisi kiri jok pengemudi. Yang menarik, dengan harga segitu Suzuki Baleno memiliki AC yang bisa dioperasikan dengan tombol dan ditampilkan di layar digital sehingga tampilannya mewah.

Sedangkan dari sisi fungsionalitas lainnya, Baleno memiliki ruang penyimpanan melimpah, ada banyak tempat untuk menyimpan barang-barang kecil, seperti koin, botol, sampai majalah. Bagasinya sendiri berkapasitas 355 liter dan bisa diperluas lagi. Fitur keselamatannya terbilang cukup mumpuni meski tak ada pengontrol stabilitas kendaraan.

2. Toyota Yaris

City car satu ini bisa menjadi pilihan menarik. Soalnya tak hanya dilengkapi fitur yang cukup lengkap, namun juga perangkat keselamatan yang mumpuni. Ya, Yaris terbaru kini memiliki airbag sebanyak 7 buah yang terfokus di baris depan.

Foto by Toyota Astra Motor

Adapun banderol Toyota New Yaris yaitu mulai dari Rp 235,4 juta hingga Rp 275,9 juta. Di mana tersedia dalam pilihan CVT dan manual. New Yaris masih menggunakan mesin 2NR-FE 1,5L dengan keluaran tenaga 105 hp dan torsi 140 Nm. Yang menarik untuk varian TRD Sportivo dilengkapi pilihan Sport/Eco Mode. Di samping itu, TRD Sportivo dengan transmisi CVT dilengkapi paddle shift.

Fungsionalitas Yaris cukup mumpuni dengan kapasitas bagasi 441 liter. Tak hanya itu fitur seperti keyless entry dan start/stop button sudah disematkan. Tampilan komponen di daahboardnya seperti tombol AC sudah digital, sehingga semakin mendukung kesan mewah interiornya.

3. Honda Jazz

Mobil satu ini cukup populer menjadi pilihan konsumen. Dibanderol Rp 236 juta hingga Rp 276 juta, Jazz punya tampilan yang cukup menarik. Namun, dibalik tampilannya itu Jazz memiliki kekurangan yaitu dari fitur keselamatannya. Tak seperti Yaris, Jazz tidak memiliki vehicle stability assist dan hill start assist, padahal harga yang ditawarkan tak berbeda jauh. Meski begitu varian tertinggi Jazz sudah memiliki paddle shift dan cruise control.

Foto by Honda Indonesia

Salah satu kelebihan dari Jazz sendiri terletak pada kekuatan mesinnya. Mobil yang mengusung mesin 1,5L ini mampu menghasilkan tenaga paling besar di kelasnya yaitu 118 hp dan torsi puncak 145 Nm. Di mana untuk menyalakan mesin tersebut pengendara sudah disediakan start/stop button.

Selain itu, sisi fungsionalitasnya cukup menarik. Bagasinya bisa dikonfigurasi bahkan hingga baris depan. Di mana jok depan dapat direbahkan hingga cukup datar memungkinkan barang dengan dimensi cukup panjang seperti surf board masuk. Hal tersebut juga mengakomodasi pengemudi ketika ingin beristirahat alias rebahan dengan posisi yang sangat nyaman.

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

(kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR