HOME » BERITA » SAMA-SAMA HONDA CITY, APA SAJA BEDANYA ANTARA VERSI HATCHBACK DAN SEDAN?

Sama-sama Honda City, Apa Saja Bedanya Antara Versi Hatchback dan Sedan?

Setelah Honda City sedan diluncurkan, HPM kini menjual 2 model City dengan bodi yang berbeda. Apa saja perbedaannya?

Selasa, 02 November 2021 19:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Sama-sama Honda City, Apa Saja Bedanya Antara Versi Hatchback dan Sedan?
Honda City hatchback dan sedan (HPM)

OTOSIA.COM - PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan Honda City Sedan, Kamis (28/10/2021). Mobil tersebut merupakan generasi kelima City sedan dan menggantikan model sebelumnya yang telah mengaspal sejak tahun 2014 silam.

Sebelum City sedan diluncurkan, Honda telah menjual City hatchback RS terlebih dahulu. Mobil tersebut memulai debutnya di Indonesia pada bulan Maret 2021 dan diposisikan sebagai pengganti Honda Jazz.

Alhasil Honda City terbagi menjadi dua versi, yakni hatchback dan sedan. Lantas apa saja perbedaan di antara keduanya?

1 dari 5 Halaman

Eksterior

Honda City hatchback RS (HPM)

Secara eksterior, sudah pasti kedua mobil ini terlihat berbeda. Honda City hatchback RS mempunyai bentuk bodi di mana bagian pintu belakang tidak terpisah dengan atap. Hal ini membuat kabin menyatu dengan ruang bagasi.

Sedangkan pintu belakang Honda City sedan terpisah dengan atap, membuat mobil itu mempunyai 'buntut' di belakang seperti mobil-mobil sedan pada umumnya. Interior mobil terpisah dengan bagian bagasi.

Selain bentuk bodi yang berbeda, kedua mobil itu diberikan styling tersendiri. Secara keseluruhan Honda City hatchback nampak lebih sporti berkat banyaknya aksen-aksen hitam di sekujur tubuhnya, seperti pada bagian spion, antena, grille, dan pelek.

2 dari 5 Halaman

Honda City sedan (HPM)

Sebaliknya tampilan City sedan dibuat lebih elegan. Beberapa bagian yang dihitamkan pada versi hatchback diubah warnanya. Sebagai contoh, pelek City sedan berwarna perak ke abu-abuan, pegangan pintu dan grille depan dilapisi krom, serta spion dan antena sewarna bodi.

Selebihnya City sedan dan hatchback tetap sama. Setiap lampu pencahayaan sudah menggunakan LED, bahkan hingga lampu kabutnya LED juga. Mayoritas parts mobil tidak berbeda, mulai dari desain bumper hingga letak tarikan garis di bagian pintu samping.

3 dari 5 Halaman

Interior

Interior Honda City hatchback RS (HPM)

Bagian interior dari kedua mobil ini sedikit mirip. Pada dasarnya Honda City sedan dan hatchback berbagi parts yang sama. Hanya saja disesuaikan dengan bahasa desain masing-masing.

Lantaran Honda City hatchback RS lebih sporti, banyak bagian dari interior mobil itu diberikan aksen merah, seperti pada speedometer, kenob AC, jahitan-jahitan berwarna merah, serta di bagian jok depannya.

Sementara untuk Honda City sedan, bagian-bagian yang sama beda warna. Aksen-aksen yang sebelumnya berwarna merah diubah menjadi putih. Jok seluruhnya berwarna hitam, serta jahitan-jahitan pada interior mobil itu juga berwarna gelap.

4 dari 5 Halaman

Interior Honda City sedan (HPM)

Perbedaan lain ada pada baris kedua. Di versi hatchback bagian bawah kursi bisa diangkat untuk meningkatkan daya tampung barang. Honda menyebut konfigurasi itu sebagai 'Ultraseat' dan peranti ini absen di City sedan.

Sebagai gantinya, varian sedan diberikan ventilasi AC dan armrest untuk baris kedua, tambahan colokan USB di baris pertama dan ruang penyimpanan barang yang lebih luas. Honda mengklaim bahwa ruang kargo City sedan mencapai 519 liter.

5 dari 5 Halaman

Harga

Ilustrasi fitur remote engine start (HPM)

Peranti keselamatan kedua mobil ini tidak berbeda. Model hatchback ataupun sedan dilengkapi dengan Vehicle Stability Assist (VSA), ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), 6 airbags, sensor parkir, serta kamera mundur dengan teknologi multi-angel view.

Kedua Honda City ini mengusung sumber tenaga yang sama. Jantung pacunya berupa mesin 1.500cc DOHC V-TEC naturally aspirated dengan output 121 PS dan torsi 145 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT. Namun hanya hatchback yang tersedia dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan.

Perbedaan harga Honda City sedan dan hatchback cukup tinggi. City hatchback RS dibanderol mulai dari Rp 292 juta untuk transmisi manual dan Rp 302 juta untuk transmisi CVT. Sementara City sedan dipatok harga Rp 355 juta.

BERI KOMENTAR