HOME » BERITA » SAMA-SAMA LSUV, MENDING HONDA BR-V TERBARU ATAU MITSUBISHI XPANDER CROSS?

Sama-sama LSUV, Mending Honda BR-V Terbaru atau Mitsubishi Xpander Cross?

Kelas LSUV makin ramai dengan kedatangan Honda BR-V terbaru. Salah satu pesaing terdekatnya di kelas itu adalah Mitsubishi Xpander Cross. Lebih bagus mana?

Sabtu, 25 September 2021 19:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Sama-sama LSUV, Mending Honda BR-V Terbaru atau Mitsubishi Xpander Cross?
Honda BR-V terbaru (HPM)

OTOSIA.COM - PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan All New Honda BR-V terbaru pada Selasa kemarin (21/9/2021). Generasi kedua BR-V ini menjadi pesaing terdekat Daihatsu Terios, Toyota Rush, Suzuki XL7, dan Mitsubishi Xpander Cross.

Nama pesaing yang terakhir saat ini menyandang harga yang cukup tinggi, terutama versi Rockford Fosgate Black Edition. Sebagai gantinya, pembeli akan mendapatkan berbagai fitur yang tidak tersedia pada varian lain.

Di sisi lain, Honda memberikan perubahan total pada BR-V terbaru, mulai dari eksterior, interior, bahkan fitur keselamatannya.

Lantaran Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan All New Honda BR-V sama-sama menjajikan pengalaman berkendara yang ideal, apa saja perbedaan di antara keduanya?

1 dari 7 Halaman

Perbedaan eksterior

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition (MMKSI)

Eksterior Honda BR-V terbaru dan Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Edition mengadopsi bahasa desain yang berbeda. Honda menyematkan tampang baru pada BR-V dari depan sampai belakang.

Mobil itu terlihat lebih modern berkat lampu depan dan belakang LED, pelek 17 inci two tonegrille depan yang mirip dengan desain Honda global, serta tarikan garis DRL LED di atas lampu utamanya.

2 dari 7 Halaman

Sementara Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition mengusung bentuk bodi yang lebih familiar, namun tetap terlihat tangguh. Berbasis pada Xpander Cross biasa, tampilan SUV ini dipertegas dengan Dynamic Shield, lampu depan LED bertingkat, serta bentuk atap floating.

Sekeliling bodi dipenuhi overfender tebal dan ada garnish di bawahnya, menandakan mobil yang cocok untuk melintasi medan berat. Khusus pada tipe Rockford Fosgate Black Edition, pelek, grille depan, spion, serta roof rail diwarnai hitam. Selain itu ada emblem 'Rockford Fosgate Black Edition' di bagian kanan bawah pintu bagasi.

3 dari 7 Halaman

Perbedaan interior

Interior dan fitur remote engine start pada Honda BR-V terbaru (HPM)

Selain tampang luar yang baru, Honda juga mengubah interior BR-V. Kabin mobil itu kini menggunakan desain yang lebih dulu ditemukan pada Honda Amaze di India, di mana setir tiga palang dan lubang AC di dasbor mirip dengan parts pada Honda CR-V.

Selain itu mobil ini sudah dilengkapi AC otomatis, speedometer dengan MID TFT digital 7 inci, jok dilapisi bahan kulit, head unit 7 inci dengan konektivitas ke handphone, armrest depan dan di baris kedua, panel-panel soft touch, dan fitur remote engine start yang bisa menghidupkan mesin untuk menyalakan AC mobil.

4 dari 7 Halaman

Di sisi lain interior Mitsubishi Xpander Cross tidak terlihat berbeda dengan Xpander pada umumnya, mengingat Xpander Cross merupakan penyempurnaan dari Xpander biasa.

Artinya SUV ini mempunyai speedometer dengtan MID digital, dasbor dengan aksen fake stitching, AC putar kenob tanpa pemanas, belum ada panel-panel soft toucharmrest di baris kedua, serta beberapa tempat penyimpanan unik seperti di bawah kursi dan penutup lantai bagasi.

Sedangkan untuk tipe Rockford Fosgate Edition disematkan beberapa fitur menarik, seperti sistem audio buatan Rockford Fosgate dan jok kulit berbawarna hitam.

5 dari 7 Halaman

Fitur keselamatan

Fitur-fitur keselamatan Honda Sensing pada BR-V terbaru (HPM)

Perangkat keselamatan merupakan rombakan terbesar pada Honda BR-V terbaru. Pertama di kelasnya, BR-V termahal kini sudah dilengkapi Honda Sensing.

Artinya mobil kelas LSUV ini sudah mempunyai Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keep Assist (LKA), Lane Car Departure Notification (LCDN), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto High Beam (AHB).

6 dari 7 Halaman

Tidak terbatas pada Honda Sensing, LSUV itu juga mempunyai Honda Lane Watch yang membantu untuk bermanuver, kamera mundur dan enam airbags.

Sementara Mitsubishi Xpander Cross mengusung perangkat keselamatan yang juga ditemukan pada seluruh varian BR-V, seperti Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS), dan 2 airbags. Namun pada tipe Rockford Fosgate Black Edition, ada kamera 360.

7 dari 7 Halaman

Harga

Untuk harga, Mitsubishi Xpander Cross dibanderol mulai dari Rp 276,5 juta, sedangkan tipe termahal Rockford Fosgate Black Edition dipatok harga Rp 312,65 juta (belum termasuk potongan PPnBM).

Sayangnya, Honda sampai saat ini belum mengumumkan harga resmi seluruh model BR-V. Mobil itu diketahui diketahui diberi harga mulai dari Rp 260 juta. Namun tipe termahal Prestige with Honda Sensing, bisa jadi mempunyai harga yang lebih mahal, mengingat banyaknya teknologi canggih pada tipe ini.

BERI KOMENTAR