HOME » BERITA » SAMA-SAMA MOBIL LISTRIK KOMPAK, MENDING WULING MINI EV ATAU CHERY QQ?

Sama-sama Mobil Listrik Kompak, Mending Wuling Mini EV atau Chery QQ?

Di China, Wuling Hong Guang Mini EV mempunyai pesaing sengit baru bernama Chery QQ, sebuah nama mobil yang dulu sempat dijual di Indonesia.

Jum'at, 01 Oktober 2021 19:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Sama-sama Mobil Listrik Kompak, Mending Wuling Mini EV atau Chery QQ?
Chery QQ Ice Cream (paultan.org)

OTOSIA.COM - Wuling Hong Guang Mini EV dikabarkan akan diproduksi dan dijual di Indonesia tahun depan. Wuling Mini EV diprediksi bakal menjadi mobil listrik termurah di Indonesia saat dipasarkan kelak.

Mobil listrik murah bukan cuma milik Wuling. Satu lagi brand asal China, Chery, juga punya produk sejenis.

1 dari 6 Halaman

Mobil tersebut adalah Chery QQ, sebuah nama yang erat dikaitkan dengan hatchback mungil dari Negeri Tirai Bambu. Mobil tersebut pernah dipasarkan di Indonesia sekitar tahun 2007 sampai 2012. Namun Chery QQ yang masuk Indonesia saat itu bukan mobil listrik.

Kini mobil tersebut akan segera kembali mengaspal sebagai mobil listrik kompak dengan desain yang tidak jauh berbeda dari Wuling Mini EV.

2 dari 6 Halaman

Eksterior

Wuling Hong Guang Mini EV (insideevs.com)

Pada eksterior kedua mobil ini, Chery QQ mengambil inspirasi berat dari Wuling Mini EV. Keduanya memiliki bentuk bodi kompak mengotak dan hanya menggunakan 2 pintu untuk akses masuk ke kabin.

Perbedaan di antara keduanya terletak pada detail-detailnya. Chery QQ terlihat lebih berisi berkat penggunaan lampu dan DRL berbentuk 'U' LED yang besar di fascia depan, fender yang lebih menonjol, lampu belakang dengan bentuk seperti DRL depan, serta pelek dan atap warna two tone.

3 dari 6 Halaman

Jika dibandingkan dengan Wuling Mini EV biasa, mobil tersebut terlihat lebih sederhana dibandingkan Chery QQ. Alasannya adalah lampu depan dan belakang masih bohlam biasa, pelek dengan warna single tone dan atap belum two tone.

Namun tersedia Hong Guang Mini EV dengan tipe Macaron di mana pelek sudah two tone, atap berwarna putih, serta ada DRL LED berbentuk huruf 'U'.

4 dari 6 Halaman

Interior dan fitur keselamatan

Interior Wuling Hongguang Mini EV (insideevs.com)

Interior Wuling Mini EV cukup sederhana, mengingat banderolannya yang cukup rendah. Mobil ini dibekali fitur-fitur seperti AC, power windows, radio, dan speedometer digital. Sementara tipe Macaron menambahkan peranti keselamatan seperti airbags di sisi pengemudi, low speed pedestrian warning, kamera mundur, dan sensor parkir.

Sayangnya interior dan penyematan fitur pada Chery QQ tidak diketahui. Mobil tersebut masih dalam pengembangan dan spesifikasinya belum resmi. Meski demikian, dengan harga yang cukup mirip, boleh jadi fitur pada QQ sama-sama mumpuni seperti Mini EV Macaron.

5 dari 6 Halaman

Dapur pacu dan harga

Sisi belakang Chery QQ Ice Cream (paultan.org)

Wuling Hong Guang Mini EV dibekali motor listrik dengan semburan tenaga mencapai 14,7 hp dengan torsi 85 Nm. Sedangkan di model Macaron, ada peningkatan performa menjadi 27 hp dan torsi maksimal 85 Nm.

Ada dua pilihan baterai. Pertama adalah baterai 9.2 kWh dengan klaim jarak tempuh mencapai 120 km. Lalu kedua baterai berukuran 13.8 kWh yang bisa berjalan sampai 170 km.

6 dari 6 Halaman

Di sisi lain Chery QQ juga menggunakan motor listrik dengan output sebesar 27 hp. Jarak maksimal yang bisa ditempuh mencapai 175 km.

Untuk harga, Wuling Mini EV dibanderol mulai dari $4.162 atau Rp 59 juta (dengan kurs $1 = Rp 14.257) untuk tipe termurah, sedangkan model termahal diberi harga $5.607 atau Rp 80 juta. Sementara Chery QQ dipatok harga $4.655 atau Rp 66 jutaan.

BERI KOMENTAR