HOME » BERITA » SAMBUT MASA DEPAN, SEMUA MOBIL AKAN BERTENAGA LISTRIK DI 2030?

Sambut Masa Depan, Semua Mobil Akan Bertenaga Listrik di 2030?

Motor dan mobil bertenaga listrik akan menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil mulai tahun 2030 mendatang.

Rabu, 08 Mei 2019 19:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi mobil listrik (Time.com)

OTOSIA.COM - Berbagai pabrikan otomotif, baik sepeda motor maupun mobil, saat ini tengah berlomba-lomba menghadirkan produk bertenaga listrik dan hybrid. Upaya itu merupakan bentuk dari menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Selain itu, beberapa negara juga mewajibkan pabrikan yang ada di sana untuk menjual kendaraan ramah lingkungan. Bahkan, Amsterdam akan melarang mobil berbahan bakar minyak mulai tahun 2030 mendatang.

Mengutip dari Paultan.org, pemerintah Amsterdam ingin menciptakan kota bebas emisi pada 10 tahun mendatang. Kebijakan tersebut akan diawali mulai tahun depan.

Pada tahun 2020, pemerintah Amsterdam akan melarang warganya menggunakan mobil diesel yang berusia lebih dari 15 tahun. Kemudian, segala kendaraan yang knalpotnya mengeluarkan asap juga dilarang di tahun 2022.

Larangan itu juga akan berlaku untuk sepeda motor berbagai jenis dan pesawat pada tahun 2025 sebelum akhirnya semua kendaraan digerakkan tenaga listrik di tahun 2030.

Sebenarnya kebijakan ini tak hanya direncakan oleh Amsterdam. Beberapa negara Eropa, seperti Inggris dan Perancis akan menghentikan penjualan kendaraan berbahan bakar fosil pada tahun 2040 mendatang.

Hal yang sama juga dilakukan Norwegia mulai tahun 2025. Sedangkan Madrid, Spanyol sudah memutuskan untuk melarang peredaran mobil diesel di 2025 mendatang.

Sementara itu, elektrifikasi kendaraan perlahan juga sudah mulai berjalan di Indonesia. Hal itu terbukti dengan dirilisnya berbagai produk bertenaga listrik dan hybrid di otomotif tanah air, seperti Toyota C-HR Hybrid, BMW i8 Roadster, dan terbaru Tesla yang digunakan sebagai armada taksi.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR