HOME » BERITA » SAMBUT PAJAK 0 PERSEN, PERHATIKAN 5 HAL INI SAAT BELI MOBIL BARU

Sambut Pajak 0 Persen, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Mobil Baru

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil baru

Sabtu, 27 Februari 2021 16:15 Editor : Cornelius Candra
Sambut Pajak 0 Persen, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Mobil Baru
Honda Brio RS (HPM)

OTOSIA.COM - Mulai Maret 2021 mendatang, pemerintah akan memberlakukan relaksasi Penjualan Pajak atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru. Program pajak 0 persen ini diharapkan bisa kembali membangkitkan industri otomotif di Indonesia.

Kemungkinan, tak sedikit orang yang akan membeli mobil untuk pertama kalinya. Tentu, perlu adanya perhitungan matang lantaran biaya yang dipersiapkan tidak sedikit.

Untuk memastikan pembelian mobil baru dengan harga yang tepat dan sesuai kebutuhan, berikut 5 hal yang perlu diperhatikan, seperti dikutip dari keterangan resmi PT Honda Prospect Motor (HPM):

1 dari 5 Halaman

Biaya dan Kebutuhan

Saat mencari mobil baru, hal utama yang harus diperhatikan ialah biaya maksimal. Selain itu, calon pembeli juga perlu mendefinisikan kendaraan yang menjadi kebutuhannya. Contoh, apabila konsumen belum berkeluarga, mobil dengan bangku 2 baris terbilang lebih cocok untuk kendaraan harian.

Setelah itu, konsumen dapat mencari informasi mengenai mobil yang sesuai dengan kriteria di website resmi. Jika tidak ada halangan, bisa berkunjung ke dealer dan melakukan test drive langsung untuk mendapat informasi berkendara yang lebih lengkap.

2 dari 5 Halaman

Skema Pembiayaan

Untuk mempertimbangkan biaya pembelian mobil baru, konsumen bisa mencermati skema pembiayaan yang ditawarkan. Perusahaan leasing biasanya mempunyai besanan bunga dan tenor yang berbeda. Selain itu, dapat ditanyakan juga kepada sales terkait rekomendasi rencana pembayaran.

3 dari 5 Halaman

Program Dealer

Konsumen pun bisa mencermati program penjualan yang sedang berlaku di dealer. Biasanya, sales akan menawarkan beragam hal, mulai bonus pembelian, diskon, hingga skema pembiayaan. Dengan fasilitas ini, pembelian mobil baru akan lebih ringan dan menguntungkan konsumen.

4 dari 5 Halaman

Aspek Purna Jual

Selain harga belu, layanan purna jual juga harus dipertimbangkan. Hal ini berkaitan dengan kemudahan dan biaya untuk melakukan perawatan mobil. Pastikan juga kendaraan yang dibeli memiliki jaringan bengkel resmi yang luas, ketersediaan suku cadang asli, serta tenaga mekaniknya.

5 dari 5 Halaman

Harga Jual Kembali

Harga jual kembali pun harus menjadi salah satu pertimbangan penting saat membeli mobil baru, terlebih bagi konsumen perdana. Pasalnya, ada kemungkinan untuk berganti ke model lain di atasnya.

Untuk mengetahui kisaran harga jual kembali, konsumen bisa memeriksa harga mobil bekas di berbagai situs, salah satunya Jual Beli Otosia. Umumnya, merek dengan kualitas, daya tahan, desain kekinian, dan dukungan jaringan dealer yang kuat akan mendukung harga jual kembali suatu mobil.

BERI KOMENTAR