HOME » BERITA » SAMPAI JUNI PENJUALAN MOBIL NASIONAL TEMBUS 550 RIBU UNIT

Sampai Juni Penjualan Mobil Nasional Tembus 550 Ribu Unit

Di tengah melonjaknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang diikuti dengan kenaikan harga jual kendaraan Gaikindo optimistis penjualan mobil nasional tahun ini bisa tembus 1,1 juta unit.

Rabu, 11 Juli 2018 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Foto by Nazarudin Ray

OTOSIA.COM - Di tengah melonjaknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang diikuti dengan kenaikan harga jual kendaraan Gaikindo optimistis penjualan mobil nasional tahun ini bisa tembus 1,1 juta unit.

Angka tersebut menunjukkan bahwa penjualan mobil nasional tahun ini kemungkinan lebih baik dari tahu lalu yang terjual 1.070.000 unit.

"Sampai Juni, penjualan mobil sudah sekitar 550 ribu unit. Saya kira ini cukup positif. Masih ada semester berikutnya, yang kalau juga 550 ribu unit juga kan jadi 1.100.000," ujar Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Kendati periode ini merupakan tahun politik tidak memberikan imbas langsung terhadap penjualan mobil nasional. Dengan rencana kemunculan model-model baru pada GIIAS mendatang, Gaikindo melihat sebagai titik balik gairah otomotif nasional.

"Kita harapkan semester kedua nanti akan ada grafik kenaikan dari sebelumnya. Walaupun tahun ini tahun politik, ditambah lagi tahun depan, saya kira sejauh ini cukup positif," tandasnya.

Sementara itu ekspor mobil nasional tahun ini mencapai 225 ribu unit atau tumbuh 15-17% dibandingkan tahun lalu.

"Hanya Vietnam agak susah karena ada aturan baru dari pemerintah sana sehingga (mobil) dari kita susah masuk. Tapi ini bukan kendala besar. Saya harapkan tahun depan akan lebih banyak lagi buyer," harapnya.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR