HOME » BERITA » SASAR KELUARGA MUDA, DISCOVERY PUNYA MESIN KECIL

Sasar Keluarga Muda, Discovery Punya Mesin Kecil

Land Rover Discovery 7-penumpang sudah mengaspal di Indonesia. SUV besar yang diboyonh oleh PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai Authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia, hadir dengan mesin berkapasitas 2.000cc.

Rabu, 01 Mei 2019 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Land Rover Discovery 2.0L (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Land Rover Discovery 7-penumpang sudah mengaspal di Indonesia. SUV besar yang diboyonh oleh PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai Authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia, hadir dengan mesin berkapasitas 2.000cc.

Sebelumnya, Discovery dibekali mesin V6 3.0L supercharger. Meski pilihan mesinnya lebih kecil, Discovery disebut tak akan kehilangan aspek fun to drive, karena mesin baru itu dibekali turbocharger. Dengan adanya pilihan baru ini, pasar Discovery di Indonesia akan semakin luas.

"Kami memang menargetkan ke konsumen yang lebih muda. Kalau dulu (pasar) Discovery itu 40-50 tahun, harapannya mungkin sekarang konsumen usia 30-an tahun dengan keluarga muda akan tertarik membeli Discovery," ujar Brand Director of Jaguar & Landrover - PT Wahana Auto Ekamarga, Jentri Izhar.

Soal harga juga menjadi pertimbangan. Discovery 2.0L dibandrol mulai Rp 2,499 miliar. Harga itu sama dengan Discovery 3.0L pada tahun lalu.

Land Rover Discovery 2.0L (Otosia.com/Nazarudin Ray)

"Harga yang (mesin) 3.0 liter tahun lalu masih di angka Rp 2,5 miliar atau tepatnya Rp 2,499 miliar, dan yang ini juga Rp 2,499 miliar. Sebab kalau ada yang mau pesan yang (mesin) 3.0 liter harganya jauh lebih mahal. Perbedaannya kalau yang dulu 3.0 menggunakan supercharger, yang sekarang menggunakan turbo," tambahnya.

Tak ada perbedaan tampilan pada Discovery dengan pilihan mesin baru ini, karakter Discovery yang telah bertahan selama hampir 30 tahun tetap dipertahankan. Namun, terdapat pembeda berupa warna atap yang sewarna dengan bodi dan penggunaan velg berukuran 20 inci dengan desain baru.

Kabin Discovery dirancang untuk menampung 7 penumpang agar 95 persen orang dewasa dapat dengan leluasa duduk di bangku paling belakang. Discovery juga mengusung teknologi pelipatan bangku baris kedua dan ketiga secara elektrik.

Untuk hiburan, sistem audio kini menggunakan Meridian Sound System serta WiFi hotspot untuk mengakomodasi kebutuhan akses internet penumpang. Sistem infotainment kini disertai Interactive Driver Display dan tersedia 360 derajat Surround Camera untuk memantau kondisi sekitar mobil. Sementara di bangku baris kedua tersedia 2 port USB bagi penumpang belakang untuk mengisi ulang baterai gadget.

Bicara mesin yang kini 4-silinder segaris dengan turbocharger, tenaga puncaknya sendiri sebesar 300 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm di rentang 1.500 – 4.000 rpm. Mesin ini disandingkan dengan transmisi otomatis 8-speed lansiran ZF yang telah dilengkapi Command Shift.

Konstruksi aluminium yang ringan dan kuat didukung suspensi udara. Sementara untuk untuk medan non-aspal, Discovery dilengkapi fitur Land Rover Terrain Response 2 dengan berbagai pengaturan pengendalian kendaraan sesuai dengan medan yang akan dihadapi. Dengan suspensi udaranya, Discovery diklaim mampu melewati genangan air hingga kedalaman 900 mm.

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR