HOME » BERITA » SATU LAGI BENGKEL SEPEDA MOTOR HONDA BUKA DI SEKOLAH, ADA DI KOTA MALANG

Satu Lagi Bengkel Sepeda Motor Honda Buka di Sekolah, Ada di Kota Malang

PT MPM Honda Jatim dan NTT meresmikan bengkel sepeda motor Tefa di SMKN 10 Malang. Meski berada di sekolah, bengkel tersebut terbuka untuk umum.

Jum'at, 19 Juli 2019 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Satu Lagi Bengkel Sepeda Motor Honda Buka di Sekolah, Ada di Kota Malang
Bengkel sepeda motor Tefa Honda di SMKN 10 Malang (Otosia.com/Dini)

OTOSIA.COM - Dukungan di bidang pendidikan terus dilakukan Honda. Salah satunya melalui bengkel sepeda motor Teaching Factory (Tefa) yang dibuka di sekolah kejuruan.

Di Jawa Timur, kelas Industri TBSM Astra Honda Motor yang diimplementasikan dalam bentuk bengkel sepeda motor Tefa itu dibuka di 91 sekolah. Dari jumlah tersebut, 12 sekolah di antaranya ada di wilayah Malang Raya.

Kali ini, Honda kembali membuka satu bengkel Tefa di SMKN 10 Malang. Bengkel sepeda motor Tefa ini memiliki fasilitas yang tak jauh berbeda dengan bengkel resmi Honda, AHASS.

"Di Kota Malang ada enam Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki bengkel sepeda motor Tefa. Di Kedungkandang saja, ada dua SMK, yakni SMKN 10 Malang dan SMKN 9 Malang," kata Technical Development PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Honda Jatim dan NTT, Naim Muhdori, usai meresmikan bengkel sepeda motor Tefa di SMKN 10 Malang, Jumat (19/7/2019).

1 dari 2 Halaman

Tak Hanya Soal Otomotif

Satu Lagi Bengkel Sepeda Motor Honda Buka di Sekolah, Ada di Kota MalangTak Hanya Soal Otomotif

Naim menambahkan, dalam praktiknya di bengkel Tefa, para siswa tersebut akan didampingi oleh teknisi AHASS. Sehingga para siswa bisa mendapatkan ilmu langsung dari para ahlinya.

Pada program ini Honda tak hanya memberikan materi seputar otomotif. Tapi juga memberikan materi tentang kewirausahaan.

"Peluang di bidang sepeda motor itu besar. Materi kewirausahaan bisa membuat para siswa memiliki gambaran saat nanti lulus. Bagaimana membuka usaha bengkel sendiri, semisal tidak bergabung dengan kami," tambah Naim.

Honda sendiri bisa saja merekrut para siswa-siswa berbakat untuk bergabung menjadi teknisi di bengkel mereka. Hanya saja tentu tak setiap tahun Honda merekrut secara keseluruhan.

"Sebagai gambaran, setiap tahun ada 8.000 lulusan di Jawa Timur. Tapi kebutuhan tenaga kerja kami hanya 200-300 orang. Maka itu, kewirausahaan bisa menjadi bekal untuk mereka," jelas Naim.

2 dari 2 Halaman

Buka untuk Umum

Satu Lagi Bengkel Sepeda Motor Honda Buka di Sekolah, Ada di Kota MalangBuka untuk Umum

Bengkel Tefa ini juga dibuka untuk umum. Masyarakat juga bisa melakukan servis sepeda motor di bengkel ini.

"Biasanya orang yang akan menservis di bengkel sekolah begini terbentur soal kepercayaan teknisi. Tapi ada teknisi dari AHASS yang ada di bengkel Tefa," tandasnya.

BERI KOMENTAR