HOME » BERITA » SCOOTER CARE, TEMPAT PERAWATAN DAN RESTORASI BODI SCOOTER

Scooter Care, Tempat Perawatan dan Restorasi Bodi Scooter

Pertumbuhan skuter di Indonesia cukup berkembang pesat. Jika dahulu motor bebek mendominasi jalanan di Indonesia, nampaknya saat ini motor bebek kalah pamor dibanding motor skutik.

Jum'at, 18 Januari 2019 18:45 Editor : Ahmad Muzaki
Hasil dari perawatan bodi Scooter (Otosia.com/Muhammad Ikbal)

OTOSIA.COM - Pertumbuhan skuter di Indonesia cukup berkembang pesat. Jika dahulu motor bebek mendominasi jalanan di Indonesia, nampaknya saat ini motor bebek kalah pamor dibanding motor skutik.

Banyak orang kini lebih memilih motor skuter dengan alasan lebih praktis. Beragam pilihan motor skuter pun tersedia mulai dari yang murah hingga yang kelas premium.

Saat ini motor skuter tidak hanya dapat dijadikan sebagai alat transportasi saja, namun bisa dijadikan juga sebagai hobi. Tak jarang para peng-hobi ini akan merawat bahkan merestorasi skuter-skuter yang sudah cukup berumur.

Ada salah satu tempat treatment bodi yang sejak lama sudah cukup terkenal dalam hal restorasi dan perawatan bodi skuter. Tempat yang bernama Scooter Care ini merupakan pelopor dalam hal restorasi dan perawatan bodi khusus skuter.

Tempat yang berdiri sejak 2013 ini terletak di Jalan Cereme No. 1A Fatmawati Raya.

Menurut sang pemilik Anas, pada awal kemunculannya, Scooter Care memang hanya memfokuskan pada perawatan skuter saja, namun memasuki 2016 Scooter Care bisa menerima perawatan motor lain selain skuter dan mobil.

"Dulu emang awalnya kita fokus di perawatan motor skuter aja, namun sejak 2016 kita mulai main di mobil. Jadi kita bisa menerima segala jenis merk kendaraan karena memang pada dasarnya kita bukan bengkel mesin sehingga hanya tempat perawatan bodi saja" ujar Anas.

Scooter Care melayani perawatan yang meliputi dari cuci, wax, perawatan bodi poles baik itu poles biasa, poles paint protection atau poles special treatment yaitu sanding.

Anas juga menjelaskan bahwa Sanding adalah sebuah treatment yang paling ekstrim. Menurutnya sangat jarang orang mau melakukan, karena Sanding memiliki resiko yang sangat tinggi dan membutuhkan waktu yang lama.

Selain perawatan, Scooter Care juga melayani restorasi yang meliputi repaint kendaraan baik itu roda dua atau roda empat.

"Khusus untuk repaint, konsep saya build quality. Jadi fokus saya lebih ke 'How to' nya. Jadi saya akan mengedukasi orang bahwa bagus itu tidak harus mahal yang penting kita tahu cara-cara dan prosesnya," ujar Anas.

"Jadi nanti kendaraan tersebut kita pretelin, semua kita yang nyopotin. Nanti begitu sudah dilepasin semua, kita yang akan menyimpan semua barang tersebut termasuk skrup-skrupnya. Selanjutnya baru kita kirim ke workshop buat di cat, nanti setelah selesai cat balik lagi kesini kita Sanding dulu dan kita rakit kembali seperti semula," tambah Anas.

Menurutnya untuk bahan cat yang digunakan tidaklah harus mahal, dan dirinya juga mempersilahkan konsumennya bila ingin melakukan pengecatan di tempat lain baru selanjutnya melakukan finishing di Scooter Care.

Jika kebanyakan tempat detailing menggunakan produk berbahan dasar oil based, hal berbeda justru dilakukan oleh Scooter Care yang menggunakan produk berbahan dasar water based.

Menurut Anas, alasan banyak tempat jarang menggunakan produk berbahan dasar water based karena dinilai sulit diaplikasikan dan membutuhkan waktu pengerjaan yang lama. Namun, menurutnya hasil yang didapatkan lebih maksimal karena memiliki durability kilap yang jauh lebih lama.

Untuk jangka waktu proses pengerjaan perawatan motor, Anas mengatakan "Kalo untuk skuter, proses poles itu sekitar 6 jam, kalo untuk glass coating skuter itu prosesnya 2 hari, nah kalo untuk Sanding prosesnya cukup lama karena bisa memakan waktu 4 sampai 5 hari."

Jika umumnya detailing menggunakan lampu berwarna putih untuk penerangan, hal tersebut justru berbeda dengan Scooter Care. Selama proses pengerjaan, Scooter Care menggunakan penerangan lampu berwarna kuning dengan alasan lampu berwarna putih bisa menipu mata, namun tidak dengan lampu berwarna kuning.

Anas juga menjelaskan bahwa warna mobil yang sulit akan memakan waktu cukup lama dalam pengerjaannya adalah warna terang seperti silver atau putih. Alasannya warna terang lebih menyamarkan baret-baret halus atau swirl mark sehingga perlu ketelitian.

Untuk biaya pengerjaan perawatan dan restorasi di Scooter Care yaitu untuk poles Rp650.000, untuk glass coating Rp1.100.000, sedangkan untuk sanding Rp1.400.000.

Terakhir Anas mengatakan, bagi yang ingin melakukan perawatan atau restorasi, harus konfirmasi dirinya terlebih dahulu agar tidak menumpuk.

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR