HOME » BERITA » SEATBELT JUSTRU LEBIH PENTING KETIMBANG AIRBAG, KENAPA?

Seatbelt Justru Lebih Penting Ketimbang Airbag, Kenapa?

Tapi taukah kamu, bahwa dari sekian banyak teknologi keselamatan pada mobil, seatbelt adalah fitur yang paling penting?

Rabu, 04 Juli 2018 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Sussex Safer Roads

OTOSIA.COM - Mobil-mobil masa kini tentu sudah dilengkapi dengan berbagaimacam fitur keselamatan. Sebut saja, cruise control, airbag, sensor rem. hingga sensor pejalan kaki.

Tapi taukah kamu, bahwa dari sekian banyak teknologi keselamatan pada mobil, seatbelt adalah fitur yang paling penting?

"Kemanan yang ada dalam sebuah kendaraan itu adalah seatbelt, sementara yang lainnya seperti airbag dan lainnya adalah jadi pendukungnya," jelas Product Knowledge Planning Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsa Putra.

Mengapa? Sebab seatbelt merupakan fitur yang menempel langsung ke tubuh manusia. Gandhi menyebut, bahkan saat ini seatbelt tak setradisional sebelumnya. Pabrikan mobil pun mulai berinovasi dengan fitur keselamatan ini.

Salah satunya dengan menyematkan teknologi yang disebut dengan pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism.

Pretensioner mechanism memungkinkan pengendara tetap berada di kursi, tak terpental kedepan saat terjadi benturan keras. Sedangkan force-limiter mechanism bekerja sesaat setelah pretensioner mechanism.

Dengan force-limiter mechanism, sabuk pengaman akan mengendur dan membuat badan terbentur dengan airbag yang telah mengembang. sehingga membuat benturan tidak terlalu keras sehingga menghindari risiko patah tulang bahu akibat tekanan seatbelt yang terlalu kuat.

"Jadi teknologi pretensioner mechanism dan force-limiter mechanism bekerja selaras dengan airbag. Keduanya akan bekerja saat airbag mengembang sehingga benturan akan terasa tidak terlalu keras dan melindungi pengendara," tandas Gandhi.

Sumber: OTO.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR