HOME » BERITA » SEBELUM ADA COPEN, SEHARUSNYA INI MOBIL SPORT ANDALAN DAIHATSU

Sebelum Ada Copen, Seharusnya Ini Mobil Sport Andalan Daihatsu

Rabu, 13 September 2017 20:30

Sebelum Ada Copen, Seharusnya Ini Mobil Sport Andalan Daihatsu
Foto: CarThrottle
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Selama 110 tahun eksistensi Daihatsu di dunia, produsen asal Jepang ini selalu identik dengan mobil ekonomis berukuran mungil dan agak jauh dari kata 'sporti'.

Ada pun produk paling sporti yang dijajakan oleh Daihatsu adalah berupa Kei-Car mungil bernama Copen, yang menggendong mein tidak kalah imut, hanya 660 cc saja.

Sesungguhnya, Daihatsu pernah memiliki angan-angan untuk membuat mobil sport yang dapat menantang Mazda MX-5 dengan formula serupa pula, roadster berbobot ringan, sehingga tidak melnceng jauh dari filosofi produk Daihatsu.

Itu sebabnya Daihatsu memperkenalkan Daihatsu X-021 pada Frankfurt Motor Show 1991 dengan segala resep yang sesungguhnya dapat menaklukkan rival dari Mazda.

Bagaimana tidak, Daihatsu X-021 didesain snagat sederhana, dengan bobot 200 kg lebih enteng dari Mazda MX-5 generasi pertama yang meluncur tahun 1989. Dimensinya juga lebih kecil dari MX-5.

Daihatsu X-021 lahir dengan mesin 1.6 liter bertenaga 140 hp dan sanggup melaju hingga 200 km/jam, dikombinasikan dengan bobot yang ringan seharusnya dapat meninggalkan Mazda MX-5 dengan mudah.

Diet ketat yang dilakukan Daihatsu X-021 didapay dati bodi fiberglass yang membungkus sasis dan suspensi berteknologi balap dalam menggerakkan ban 15" berbalut Dunlop Performa 8000.

Interiornya pun tidak kalah simpel, dengan disokong jok balap Sparco dan ruang kaki yang cukup terbatas, diyakini dapat membinasakan supercar yang lebih bertenaga.

Hanya saja, Daihatsu X-021 tidak pernah terwujud dan impian mobil sport asal Jepang tersebut sirna, setelah direksi Daihatsu memutuskan akan lebih baik jika hanya fokus pada penjualan mobil reguler di Jepang saja.

Daihatsu X-021 tidak mati begitu saja, karena Daihatsu memutuskan mobil sport yang lebih kecil lagi, hingga lahir lah Daihatsu Copen pada tahun 2002.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-10-10
detail

BERITA POPULER