HOME » BERITA » SEBELUM BELI MOBIL BEKAS, KENALI TIGA TANDA MOBIL PERNAH TURUN MESIN

Sebelum Beli Mobil Bekas, Kenali Tiga Tanda Mobil Pernah Turun Mesin

Sebelum membeli mobil bekas, pemeriksaan keseluruhan perlu dilakukan. Salah satunya adalah melihat apakah mobil tersebut pernah mengalami overhaul atau turun mesin.

Senin, 14 Juni 2021 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Sebelum Beli Mobil Bekas, Kenali Tiga Tanda Mobil Pernah Turun Mesin
Teknisi sedang memeriksa mobil (Auto2000)

OTOSIA.COM - Mobil bekas bisa menjadi alternatif untuk memiliki kendaraan namun dengan budget yang terbatas. Hanya saja, sebagai konsumen perlu untuk sangat teliti sebelum membeli.

Kondisi luaran mobil yang tampak bagus bukan menjadi jaminan kondisi jeroan mobil yang masih bagus. Maka itu penting bagi para konsumen untuk mencari informasi sedetail mungkin agar tak tertipu ketika membeli mobil bekas.

Salah satu kondisi yang mobil yang perlu menjadi pertimbangan selain kondisi eksterior dan interior adalah kondisi mesin. Pastikan bahwa mobil tersebut belum pernah mengalami turun mesin.

1 dari 4 Halaman

Sebagai informasi, turun mesin sendiri merupakan istilah otomotif untuk menyebut proses pelepasan mesin dari badan mobil untuk kemudian diperiksa dan diperbaiki. Turun mesin juga sering disebut dengan istilah overhaul.

Mobil yang sudah pernah mengalami turun mesin berarti sudah pernah mengalami kerusakan berat. Oleh karenanya, Otolovers disarankan untuk tidak membeli mobil bekas yang sudah pernah turun mesin.

Jika memaksakan, bisa jadi Otolovers nantinya bisa mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan mobil.

Nah, agar tak tertipu, berikut ciri-ciri mobil yang pernah mengalami turun mesin seperti disitat dari Auto2000:

2 dari 4 Halaman

1. Ruang Mesin Bersih

Cara paling mudah mengidentifikasi kondisi ini adalah dengan melihat kondisi ruang mesin. Ruang mesin pada mobil yang pernah turun mesin biasanya terlalu bersih.

Hal itu lantaran karena saat mobil mengalami overhaul, mesin akan diangkat untuk diperiksa dan diperbaiki. Saat perbaikan tersebut, ruang mesin pun akan dibersihkan.

Meski begitu, bukan berarti semua mobil bekas yang ruang mesin bersih pernah turun mesin. Otolovers perlu mencocokkan pula dengan kebiasaan pemiliknya. Jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada pemilik sebelum mengambil keputusan utnuk membeli mobil.

3 dari 4 Halaman

2. Terdapat Goresan di Lubang Baut

Ciri-ciri mobil pernah turun mesin juga bisa dilihat dari kondisi baut-baut di ruang mesin. Periksalah baut yang melekat pada blok mesin. Apakah masih utuh dan presisi. Sebab, baut blok mesin pada mobil yang pernah overhaul akan memiliki banyak goresan halus.

Sebab, saat melakukan turun mesin, mekanik bengkel harus membuka batu-baut tersebut. Ada kalanya baut-baut tersebut sulit dibuka karena usia pemakaian hingga akhirnya proses tersebut menimbulkan goresan-goresan halus pada baut.

4 dari 4 Halaman

3. Ada Segel Mesin Baru

Mengetahui mobil pernah turun mesin juga bisa dari adanya segel atau seal silikon pada mesin mobil. Mesin mobil yang tidak pernah turun mesin tidak akan menggunakan seal silikon. Proses perakitan dan penyatuan seluruh komponen mobil pada dasarnya dilakukan secara otomatis dengan bantuan robot.

Jika menemukan adanya seal silikon, artinya mesin mobil sudah pernah dibongkar dan dirakit kembali. Seal silikon terbuat dari material cair yang lama-kelamaan mengeras menjadi semacam karet.

BERI KOMENTAR