HOME » BERITA » SEBELUM JADI LCGC, DATSUN PERNAH BIKIN MOBIL SPORT

Sebelum Jadi LCGC, Datsun Pernah Bikin Mobil Sport

Datsun pernah berjaya di era 1970-an, tapi tidak dengan mobil murah LCGC, melainkan mobil sport.

Rabu, 27 November 2019 15:45 Editor : Cornelius Candra
Sebelum Jadi LCGC, Datsun Pernah Bikin Mobil Sport
Datsun 240Z Fairlady (Moto Networks)

OTOSIA.COM - Nama Datsun di Indonesia lebih dikenal sebagai produsen mobil murah. Setidaknya ada 2 model yang menghuni segmen Low Cost Green Car (LCGC), yakni Datsun GO dan Datsun GO+.

Namun, tahukah Otolovers kalau Datsun pernah membuat mobil sport?

Mengutip dari Motor Biscuit, pada awal 1970-an, Datsun mengalami masa jayanya di Amerika berkat salah satu mobil sport mereka, yakni Datsun 240Z atau kerap disebut sebagai Datsun Fairlady.

Datsun Fairlady ini bisa dibilang merupakan perjudian bagi Nissan, induk perusahaan Datsun. Pasalnya, kala itu ada beberapa mobil sport yang lebih menarik perhatian, yakni Toyota 2000GT dan Jaguar E-Type.

1 dari 3 Halaman

Proyek Baru

Sebelum Jadi LCGC, Datsun Pernah Bikin Mobil SportProyek Baru

Proyek Datsun 240Z ini dimulai ketika Yutaka Katayama, President of Nissan USA kala itu, menganggap bahwa mereka harus memiliki mobil sport dengan harga terjangkau.

Para staf yang setuju pun ingin untuk menghadirkan mobil Grand Touring (GT). Selain berdesain menawan dan inovatif, mesinnya juga harus kencang untuk menarik perhatian masyarakat.

Pada 1966, dimulailah proses desain dan dipimpin oleh salah seorang petinggi Nissan Sports Car Styling Studio, Yoshihiko Matsuo. Akhirnya, 3 tahun berselang proyek ini masuk ke lini produksi.

2 dari 3 Halaman

Performa Tinggi

Sebelum Jadi LCGC, Datsun Pernah Bikin Mobil SportPerforma Tinggi

Menurut sumber yang sama, Datsun 240Z Fairlady menjadi salah satu mobil sport tersukses di masanya. Hal itu tak terlepas dari performanya yang terbilang tinggi.

Di sektor dapur pacu, Datsun 240Z Fairlady mengandalkan mesin 6-silinder 2.393 cc. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 160 hp dengan torsi maksimum mencapai 198 Nm.

Dengan spesifikasi tersebut, Datsun 240Z Fairlady memiliki figur akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,3 detik. Sedangkan kecepatan maksimum mobil ini bisa mencapai 200 km/jam.

3 dari 3 Halaman

Desain Eksotis

Sebelum Jadi LCGC, Datsun Pernah Bikin Mobil SportDesain Eksotis

Anak perusahaan Nissan ini bisa dibilang berhasil menciptakan mobil dengan desain yang menawan. Lekuk bodinya tampak harmonis mulai depan, samping, hingga belakang.

Kap mesinnya tampak panjang lantaran mengusung mesin besar. Atapnya melandai ke belakang khas mobil coupe dan kabinnya dilengkapi dengan 2 jok.

Berkat desain dan mesin mumpuni, Nissan pun memutuskan untuk mendongkrak popularitas Datsun 240Z Fairlady melalui beragam ajang balap bergengsi, seperti Monte Carlo Rally dan Safari Rally.

BERI KOMENTAR