HOME » BERITA » SEBELUM SEPEDA MOTOR, KAWASAKI PERNAH BIKIN PESAWAT TERBANG

Sebelum Sepeda Motor, Kawasaki Pernah Bikin Pesawat Terbang

Jum'at, 07 April 2017 21:15

Sebelum Sepeda Motor, Kawasaki Pernah Bikin Pesawat Terbang
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Kawasaki merupakan salah satu produsen sepeda motor yang memiliki motor versi produksi yang diklaim sebagai sepeda motor tercepat di dunia. Motor tersebut yakni Kawasaki Ninja H2R yang mampu melesat di kecepatan 400km/j.

Perolehan kecepatan sepeda motor dengan desain futuristik dan mesin superchanger tersebut tidak lepas dari sejarah pabrikannya, bahwa Kawasaki juga pernah membuat pesawat. Hal tersebut bisa dilihat di Wikipedia, ada beberapa pesawat terbang dengan nama Kawasaki, seperti Kawasaki Ki-61, Kawasaki T-4, Kawasaki OH-1 dan sebagainya. 

Awalnya, perusahaan Kawasaki didirikan oleh seorang pria bernama Shozo Kawasaki di Jepang pada tahun 1878. Perusahaan tersebut berfokus dalam pembuatan kapal, lokomotif kereta api, pesawat dan misil.

Saat perang dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam dan supertanker, namun setelah perang usai dan sudah tidak ada peperangan lagi produksi kapal yang dilakukan Kawasaki berkurang. Selanjutnya Kawasaki lebih terkenal sebagai perusahaan pembuatan baja dengan nama Kawasaki Steel Corporation.

Kemudian pada 1949, Kawasaki memutuskan untuk memasuki industri kendaraan roda dua, dan mulai membuat sepeda motor. Kendaraan yang mereka buat bermesin 60cc 2-tak, 150cc 2-tak dan 250cc 4-tak. Saat itu mesin sepeda motor buatan Kawasaki mengadopsi teknologi BMW Jerman, karena sebelumnya mereka juga pernah bekerjasama di bidang industri pembuatan pesawat terbang.

Sampai sekarang Kawasaki dikenal sebagai produsen sepeda motor yang sudah memiliki sejumlah produk sepeda motor dengan berbagai model, termasuk Ninja H2. 

Dari fakta sejarah singkat tersebut, tak heran jika sekarang mereka mampu membuat motor Ninja H2 dan H2R yang bisa disebut sebagai 'jet darat' untuk para konsumennya.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER