HOME » BERITA » SEBENARNYA, APA BEDA BAN MOBIL DAN TRUK?

Sebenarnya, Apa Beda Ban Mobil dan Truk?

Selain ukuran, apa bedanya ban mobil dengan ban truk?

Senin, 09 Maret 2020 15:45 Editor : Cornelius Candra
Sebenarnya, Apa Beda Ban Mobil dan Truk?
Ban truk (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Ban menjadi bagian yang penting di kendaraan. Pasalnya, ini merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan, baik aspal maupun tanah.

Karena itu, pemilihannya harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan, baik kecepatan maupun beban yang ditopang. Dibedakan juga antara ban untuk mobil penumpang dan kendaraan komersial, seperti truk dan pick-up.

1 dari 2 Halaman

Hal itu diungkapkan oleh Ivan, salah satu tenaga penjual ban Bridgestone di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang digelar pada akhir pekan kemarin.

"Jelas ukurannya beda, kalau truk pasti lebih besar. Bahan yang digunakan, meskipun sama-sama karet, karetnya beda, lebih kuat dan tebal. Karena kalau truk mengangkut beban berat atau pemakaiannya yang berkelanjutan," ujarnya.

2 dari 2 Halaman

Ia pun menjelaskan bahwa prinsip pada kendaraan niaga ialah nilai ekonomis. Karena harganya yang cenderung mahal, sekitar Rp3 jutaan per ban, para pengusaha cenderung memilih jenis ban bias.

"Kalau ban bias itu awet, tapi memang agak keras. Ada juga ban radial, yang malah lebih mahal tapi cepat habis. Karena lebih mengutamakan nilai ekonomis dibanding kenyamanan berkendara, jelas ban bias lebih banyak dipilih para pengusaha," tutupnya.

BERI KOMENTAR