HOME » BERITA » SEBENARNYA, APA SIH BEDA CROSSOVER DAN SUV?

Sebenarnya, Apa Sih Beda Crossover dan SUV?

Berbagai pabrikan saat ini banyak yang menawarkan mobil crossover dan SUV, apa bedanya?

Sabtu, 16 Maret 2019 12:15 Editor : Cornelius Candra
SUV Kia Sorento (Autoguide.com)

OTOSIA.COM - Segmen mobil crossover saat ini tengah naik daun. Selain itu, kelas SUV juga tak kalah bersaing di pasar otomotif global. Namun, terkadang muncul pertanyaan, apa perbedaan antara crossover dengan SUV?

Mengutip dari Autotrader.com, perbedaan paling signifikan adalah platform yang digunakan. Crossover berangkat dari sebuah mobil MPV yang menggunakan arsitektur unibody. Artinya, body dan sasisnya terdiri dari 1 bagian utuh.

Suzuki SX4 S-Cross

Sementara itu, mobil SUV memiliki sasis yang tak jauh berbeda dengan truk sehingga bodinya terpisah atau kerap disebut "body on frame".

Namun, saat ini berbagai pabrikan memiliki pemahamannya sendiri mengenai crossover dan SUV. Sebagai contoh, Ford Explorer dan Jeep Grand Cherokee disebut sebagai SUV, padahal keduanya mengusung konsep unibody.

Mitsubishi Pajero Sport

Menurut sumber yang sama, cara membedakan yang paling mudah adalah tampilannya. Dimensi crossover cenderung kecil serta tidak dibekali berbagai fitur atau pun komponen untuk melibas medan off-road, sebut saja winch built-in, dan ban all-terrain.

Mobil crossover bisa dibilang lebih street-orienterd karena menerapkan sistem penggerak 2WD, baik depan (FWD/ front-wheel) drive maupun belakang (RWD/ rear-wheel drive).

Honda HR-V

Sedangkan, mobil SUV yang merupakan kepanjangan dari Sport Utility Vehicle cenderung berdimensi besar, memiliki ground-clearance tinggi, dan menggunakan sistem penggerak all-wheel drive (AWD) dan 4WD.

Di Indonesia, mobil yang termasuk ke dalam kelas crossover adalah Honda HR-V, Toyota C-HR, dan Suzuki SX4 S-Cross. Sementara itu, segmen SUV dihuni oleh Wuling Almaz, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra, dan Toyota Fortuner.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR