HOME » BERITA » SEBENARNYA, BEGINI FUNGSI DARI RAMBUT BAN

Sebenarnya, Begini Fungsi Dari Rambut Ban

Kamis, 10 Mei 2018 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by NMAA

OTOSIA.COM - Rambut ban, komponen ini sering ditemukan pada ban baru yang dijual di pasaran. Menariknya, komponen kecil tersebut sering dinilai memiliki fungsi yang mempengaruhi performa ban. Lantas benarkah hal itu?

Menurut Deni Arief Pribadi selaku Department Manager Training and Product Evaluation PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN), sebenarnya rambut ban tak memiliki pengaruh pada performa berkendara. Rambut ban sendiri terbentuk saat proses produksi yang merupakan bekas jalur keluar udara.

Ketika karet dimasukkan ke dalam cetakan, karet diberikan tekanan agar mengisi seluruh celah. Untuk memastikan hal tersebut terjadi secara sempurna, udara yang terperangkap dalam cetakan perlu dikeluarkan. Jalur keluar udara atau yang disebut spew pun dibutuhkan. Inilah yang menyebabkan ban memiliki rambut-rambut kecil meliputi seluruh permukaan.

"Itu namanya spew, biasa digunakan pada molding (cetakan) untuk membuang udara," jelas Deni di kantor pusat BSIN di Karawang, Selasa (8/5/2018).

Meskipun tidak memiliki tujuan khusus terkait performa berkendara, rambut tersebut menjadi indikator ban baru. Karena seiring pemakaian rambut tersebur akan habis tergerus.

 (kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR