HOME » BERITA » SEBERAPA PANAS KOMPONEN-KOMPONEN PADA MOTOR MOTOGP?

Seberapa Panas Komponen-komponen Pada Motor MotoGP?

Ada banyak komponen pada sepeda motor MotoGP, lantas seberapa panas?

Senin, 05 Oktober 2020 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Seberapa Panas Komponen-komponen Pada Motor MotoGP?
Motor-motor MotoGP (Roadracingworld)

OTOSIA.COM - MotoGP menjadi ajang adu balap sepeda motor yang paling digandrungi. Sederet fakta terkait rider dan sang tunggangan pun selalu menarik untuk dikulik.

Nah, sepeda motor MotoGP tentu dilengkapi oleh komponen-komponen canggih dan banyak. Meski telah dirancang tahan terhadap suhu tinggi, sederet komponen tersebut pun tetap memerlukan temperatur ideal agar dapat bekerja dengan optimal.

Lantas seberapa panas komponen-komponen yang ada di sepeda motor MotoGP?

1 dari 2 Halaman

Melansir Box Repsol, perlu diketahui bahwa ban motor MotoGP harus mencapai suhu 100 C agar gripnya optimal. Kemudian untuk bantalan rem karbon memerlukan suhu antara 200 C hingga 800 C.

Sementara itu suspensi motor MotoGP tidak terlalu panas, terutama di bagian depan. Sedangkan suspensi belakang lebih panas 70 C.

2 dari 2 Halaman

Tidak hanya di bagian-bagian tersebut, ternyata suhu bahan bakar pun turut diperhatikan. Pasalnya semakin panas cuaca, maka semakin sedikit bahan bakar yang dapat dimasukkan ke tangki motor.

Bahan bakar harus memiliki suhu lebih rendah 15 C dari suhu lingkungan. Pada suhu 15 C, 1 liter bahan bakar memiliki berat 0,75 kg. Sedangkan pada suhu 25 C dengan berat yang sama setara dengan 1,01 liter.

Komponen yang memiliki suhu paling tinggi adalah di bagian mesin. Biasanya mencapai 1.800 C sampai 2.500 C.

BERI KOMENTAR