HOME » BERITA » SEBERAPA PENTING ALUR TENGAH BAN?

Seberapa Penting Alur Tengah Ban?

Rabu, 23 September 2015 15:15

Seberapa Penting Alur Tengah Ban?
Ulir tengah ban (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Kembang ban kendaraan memiliki alur atau hambatan gulir yang berbeda-beda sesuai peruntukan dan kegunaan. Jika dahulu ban hanya memiliki alur tengah, kini kembang didesain sedemikian rupa, sehingga tampil lebih menarik. Hal ini menyebabkan banyak produsen ban menghilangkan alur tengah dalam spesifikasi bannya.

Lantas, baik-kah ban yang tak menggunakan alur tengah? Dennies Lie, Direktur CST Indonesia menyatakan bahwa hal tersebut masih menjadi perdebatan.

"Ini cukup sulit, karena banyak konsumen justru tak suka dengan adanya alur tengah ini. Soalnya, ban dengan alur tengah terlihat kurang menarik daripada yang tidak pakai," jelasnya.

Namun Ia menegaskan bahwa fungsi alur tengah pada ban cukuplah krusial. Pasalnya, desain yang sudah dipakai sejak dulu tersebut berfungsi sebagai pembuangan air saat ban melintasi jalan basah. Desain demikian membantu ban dalam mendapatkan cengkraman terhadap jalan.

"Dari sisi safety ini sangat baik sekali, karena ban yang mencengkram dengan baik tentu akan memberikan performa dan keamanaan yang baik pula," jelasnya.

Bagaimana dengan otolovers, pilih ban dengan alur tengah atau tidak?

(kpl/fid/nzr/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER