HOME » BERITA » SEBERAPA PUAS PELANGGAN PADA ALL NEW SUZUKI ERTIGA?

Seberapa Puas Pelanggan pada All New Suzuki Ertiga?

All New Suzuki Ertiga berhasil menjadi mobil dengan keluhan paling sedikit di Indonesia, baik dari segi desain maupun fungsinya.

Kamis, 31 Januari 2019 16:15 Editor : Cornelius Candra
Suzuki Ertiga (Suzuki.co.id)

OTOSIA.COM - J.D. Power baru-baru ini menjabarkan hasil studinya terkait keluhan pada mobil baru, salah satunya Suzuki Ertiga 2018. Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui mobil MPV ini mendapat peringkat tertinggi dengan keluhan paling sedikit di kelasnya.

Suzuki Ertiga hanya mendapat 30 keluhan, paling sedikit dari kompetitor seperti Mitsubishi Xpander dengan 51 keluhan dan Daihatsu Xenia dengan 70 keluhan konsumen. Hasil itu didapat, setelah lembaga yang menilai kepuasan pelanggan mempelajari perilaku dari pemilik mobil baru di Indonesia.

Lembaga J.D. Power melakukan studi tentang kualitas kendaraan dan kepuasan konsumen selama 2018. Disebut Initial Quality Study (IQS), laporan didasarkan pada respons dari 2.576 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan antara Oktober 2017 - September 2018. Menurut data lembaga, proporsi keluhan desain mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dalam tiga tahun. Angkanya dari 27 persen pada 2015 menjadi 40 persen pada 2018.

Penelitian mencakup 52 mobil penumpang, pikap dan kendaraan utilitas dari 10 macam merek. Penelitian dilaksanakan dari Mei sampai dengan Desember 2018. Sementara nilai kualitas ditentukan dari masalah yang dilaporkan per 100 kendaraan.

Ditemukan, konsumen Indonesia kian memperhatikan detail kecil seperti bentuk dan kinerja AC, bahan pelapis jok yang mudah kotor atau rusak dan masalah koneksi smartphone melalui Bluetooth. Selain itu, tak sedikit konsumen yang menyoal bau tak sedap di dalam kabin dan wiper kaca depan yang tak berfungsi baik.

Menurut J.D. Power, meski manufaktur mendengar permintaan dan sudah ada pengurangan jumlah keluhan soal kualitas, konsumen Indonesia kian kritis menilai mobil.

"Pelanggan semakin peka terhadap masalah desain pada kendaraan mereka. Di kota besar seperti Jakarta, kemacetan parah menyebabkan orang menghabiskan waktu di dalam kendaraan lebih lama sehingga lebih memperhatikan isu-isu terkait desain dan kenyamanan," ungkap Srabani Bandyopadhyay, Country Manager, Indonesia dari J.D. Power.

Studi J.D. Power juga menemukan poin menarik lain; pembeli mobil pertama melaporkan lebih sedikit masalah; pemilik kendaraan yang berusia di bawah 29 tahun lebih banyak melaporkan masalah; kualitas produk yang baik meningkatkan kemungkinan pelanggan mempromosikan merek.

Tak cuma LMPV, studi juga melibatkan segmen lain. Honda HR-V menjadi pemimpin di segmen LSUV dengan 49 keluhan, sedang Mitsubishi Pajero Sport memimpin di segmen SUV dengan angka 50.

Di segmen mobil murah atau LCGC, Daihatsu Sigra berhasil meraih peringkat teratas dan diikuti oleh Daihatsu Ayla. Secara keseluruhan segmen, konsumen Suzuki Ertiga menjadi produk yang paling sedikit mendapat keluhan, baik dari segi desain maupun fungsi.

Sumber: Oto.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR