HOME » BERITA » SEBULAN TILANG ELEKTRONIK, RATUSAN STNK MOBIL DIBLOKIR

Sebulan Tilang Elektronik, Ratusan STNK Mobil Diblokir

Selasa, 04 Desember 2018 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi tilang kendaraan (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Penerapan sistem tilang elektronik dengan CCTV atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) sudah berjalan satu bulan. Selama itu, Direktorat Lalu Litas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat ada ratusan pengendara yang ditilang.

Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, implementasi E-TLE ini efektif.

"193 kendaraan bermotor roda empat diblokir (Surat Tanda Nomor Kendaraan/STNK) dan 258 pelanggar sudah mendapatkan penetapan amar putusan atau vonis dari pengadilan," ucap Budiyanto dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com, Selesa (4/12/2018).

Pelanggaran lalu lintas memang kerap terjadi di wilayah Ibu Kota, karena itu beberapa kamera televisi sirkuit tertutup ditempatkan di 25 persimpangan wilayah Ibu Kota.

Saat ini, baru dua CCTV yang tersedia, yaitu di Jalan MH Thamrin dan jalan Merdeka, Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Pada 2019, rencana akan dilaksanakan pengembangan pembangunan E-TLE di wilayah DKI Jakarta dengan target 81 kamera," jelas Direktur Lantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf.

Untuk pengadaan CCTV, pihak kepolisian bakal bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta. Untuk mekanismenya, polisi bakal menyediakan CCTV dan Pemprov mengadakan tiangnya. Pemasangannya juga tak akan sembarang tempat, diutamakan tempat berkumpulnya massa.

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR