HOME » BERITA » SECANGGIH INI DERETAN MOBIL KEPRESIDENAN RI MULAI SUKARNO HINGGA JOKOWI

Secanggih Ini Deretan Mobil Kepresidenan RI Mulai Sukarno Hingga Jokowi

Mobil di masa kini menjadi kebutuhan yang cukup penting. Terlebih bagi orang dengan mobilitas tinggi.

Jum'at, 17 Agustus 2018 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Secanggih Ini Deretan Mobil Kepresidenan RI Mulai Sukarno Hingga Jokowi
Foto by Liputan6.com

OTOSIA.COM - Mobil di masa kini menjadi kebutuhan yang cukup penting. Terlebih bagi orang dengan mobilitas tinggi.

Dengan membludaknya jenis dan spesifikasi mobil, rasanya bisa mengakomodir kebutuhan. Apalagi, mobil-mobil yang biasa dipakai oleh para VIP (Very Imprtant Person) seperti Presiden contohnnya.

Tentu, mobil kepresidenan akan memiliki spesiifikasi dan standar keselamatan yang berbeda dibanding mobil biasa. Mobil milik Kim Jong Un misalnya, yang disebut-sebut memiliki toilet pribadi.

Begitu juga dengan mobil kepresidenan dIndonesia yang memiliki spesifikasi khusus. Mari simak, deretan mobil yang pernah digunakan oleh Presiden RI.

1. Sukarno

Presiden RI pertama yang satu ini pernah menunggangi mobil buatan Amerika Serika, Buick-8. Uniknya, mobil ini ternyata bukan dibeli negara, tetapi pada 1945, mobil ini ditemukan di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Pendudukan Jepang, yang saat ini disebut kantor Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta.

Mobil Presiden Sukarto itu diketahui merupakan tipe Limited-8, yang dibuat pada 1939. Buick-8 bukan mobil biasa, di zamannya ini cukup tangguh karena dibenamkan mesin 5.247 cc.

Tidak hanya itu, beberapa mobil Presiden Sukarno lain yang dipakai untuk dinas adalah Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio), dan Chrysler Imperial.

Mobil bersejarah ini kini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta. Kondisinya cukup apik dan warna hitam mentereng.

2. Soeharto

Di masa kepemimpinan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, ada beberapa mobil kepresidenan. Salah satu yangpaling terkena adalah Mercedes-Benz 500SEL.

Uniknya, mobil lansiran 1987 itu memiliki nomor mobilyang sempat berubah dari B1 menjadi RI-1. Di masanya, Mercedes-Benz 500SEL memiliki spesifikasi keamanan sama dengna pemimpin dunia, mulai dari Presiden Bill Clinton hingga Ratu Elizabeth II.

Ketangguhan mobil ini bisa dilihat dari bagian kaki-kaki mobil tersebut, di mana perusahaan ban Michelin ditunjuk untuk membuat ban dengan keamanan tingkat tinggi, berupa ban anti peluru dan ranjau.

Ban ini ternyata spesifikasinya sama dengan yang diminta Presiden Rusia, Boris Yeltsin.

Tak hanya kaki-kaki, mobil kepresidenan Soeharto juga telah dilengkapi kaca anti-peluru. Belum lagi pada bagian bodi dilapisi baha dan platina htam, sehingga tahan serangan peluru, mortit dan guncangan.

Untuk jantung pacu, Mercedes-Benz 500SEL mengusung mesin M117.963 delapan silinder berkapasitas 5 liter yang mampu melaju hingga kecepatan 220 km/jam.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR